Advertisement

Ketua RT di Bantul Wajib Data Para Pemudik

Catur Dwi Janati
Sabtu, 02 April 2022 - 10:27 WIB
Arief Junianto
Ketua RT di Bantul Wajib Data Para Pemudik Petugas gabungan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Bantul, sedang menyemprotkan cairan disinfektan di Pasar Niten Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Menghadapi potensi lonjakan pemudik Lebaran tahun ini, Satgas Covid-19 Bantul meminta para Ketua RT untuk mendata para pemudik di wilayahnya. Kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat penananganan dan pencegahan klaster Covid-19 yang mungkin dapat terjadi.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Bantul, Joko Purnomo mengaku akan memerintahkan para Ketua RT untuk melakukan pendataan kepada pemudik yang singgah di wilayahnya. Pelaporan tersebut untuk kemudian diteruskan ke Satgas covid-19 di tingkat kalurahan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kepada bapak-bapak RT untuk menginformasikan warganya yang mudik. Baik itu jumlahnya, syukur kalau by name-nya. Laporannya nanti ditujukan kepada Satgas [Covid-19 di tingkat kalurahan]," kata dia, Jumat (1/4/2022).

BACA JUGA: Larangan Bukber dan Open House Hanya Berlaku Bagi ASN

Cara ini dinilai Joko dapat mencegah terjadinya klaster Covid-19 pasca Lebaran. Di sisi lain, pendataan juga dapat menpercepat pemantauan maupun penanganan bila terlanjur terjadi klaster.

"Ini semua untuk antisipasi agar supaya tidak terjadi klaster Covid-19. Selain itu, juga untuk memantau secara cepat, pendampingan secara cepat , edukasi secara cepat oleh Satgas atau relawan di tingkat kalurahan, terkait dengan data jumlah warga yang mudik, termasuk by name-nya," ucap dia.

Tak hanya itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Bantul, kata Joko, nantinya juga akan turun mengecek langsung bersama Dinkes perihal dosis vaksin yang telah dilakukan pemudik. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement