Advertisement

Sekolah di Sleman Belum Dibuka Penuh, Ini Penyebabnya

Abdul Hamied Razak
Selasa, 29 Maret 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Sekolah di Sleman Belum Dibuka Penuh, Ini Penyebabnya Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman belum mengambil kebijakan penerapan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% untuk semua jenjang pendidikan meskipun kasus Covid-19 di wilayah Sleman melandai.

Kepala Disdik Sleman Ery Widaryana mengatakan saat ini di wilayah Sleman kegiatan PTM masih menerapkan kapasitas 50%. Hanya saja, untuk siswa kelas akhir seperti siswa kelas 6 SD maupun siswa kelas 9 SMP mulai diberlakukan PTM 100%.

"Ini untuk kelas terakhir yakni kelas 6 SD dan kelas 9 SMP untuk persiapan ujian boleh menerapkan PTM 100 persen dengan protokol kesehatan yang ketat," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (29/3).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kebijakan PTM 100% bagi siswa kelas akhir ini, lanjut Ery, karena dalam waktu dekat merekan akan melaksanakan Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah (ASPD). Kegiatan PTM 100% bagi siswa kelas akhir, katanya, sudah dimulai sejak Senin (28/3) lusa.

Meski sudah PTM 100%, jam pelajaran siswa kelas 6 dan kelas 9 masih sama seperti sebelumnya. Para siswa hanya mengikuti 4 jam pelajaran dalam sehari. "Ini untuk memastikan agar para siswa siap menghadapi ASPD. Pelaksanaan ASPD, sesuai kalender pendidikan akan digelar pada Mei nanti," ujarnya.

BACA JUGA: Jokowi Tebar Janji Tahun Depan Dana Desa Diupayakan Naik

Ery mengatakan kebijakan penerapan PTM 50% ini dilaksanakan karena Sleman masih menerapkan PPKM level 3. Meskipun begitu, Ia berjanji akan melakukan evaluasi terkait kebijakan tersebut dalam satu hingga dua pekan mendatang.

"Kami tetap memerhatikan situasi dan kondisi. Apalagi sudah tidak ada klaster (covid-19) di sekolah. Evaluasi tetap dilakukan apakah PTM bisa full 100 persen atau belum," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dijual Segera, Kerangka Dinosourus Usia 150 Tahun untuk Ruang Tamu

News
| Senin, 26 September 2022, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement