Advertisement

Kocok Ulang Alkap DPRD Bantul, Golkar-Gerindra Dilucuti dari Kursi Pimpinan

Ujang Hasanudin
Jum'at, 08 April 2022 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Kocok Ulang Alkap DPRD Bantul, Golkar-Gerindra Dilucuti dari Kursi Pimpinan Gedung DPRD Bantul. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Alat kelengkapan (alkap) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul akhirnya dikocok ulang. ‎Pada Kamis (7/4) malam, Dewan menggelar rapat paripurna untuk memutuskan penempatan pimpinan dan anggota alkap baru.

Sebelumnya, rencana kocok ulang alkap dilakukan pada Februari tahun lalu, tetapi baru terealisasi pada bulan ini. Sekadar diketahui, alkap DPRD Bantul terdiri dari empat komisi, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Kehormatan Dewan (BKD), dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Bawa Gir di Malam Hari, Pelajar di Imogiri Bantul Ditangkap Polisi

Dalam pembentukan Alkap pada 2019 ada dua fraksi yang tidak mendapatkan jatah pimpinan alkap, yakni Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pada komposisi alkap baru, PKS kini justru mendapatkan kursi pimpinan, yakni Arif Haryanto sebagai Sekretaris Komisi B menggantikan Mahmudin dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

“Untuk Komisi B hanya ada perubahan di posisi sekretaris komisi,” kata Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, saat dihubungi Jumat (8/4/2022).

Selain itu perubahan juga terjadi di Komisi C dan D. Hanung menjelaskan untuk komposisi pimpinan Komisi C hanya terjadi pergeseran pada posisi wakil ketua yang sebelumnya dijabat oleh Datin Wisnu Pranyoto (Gerindra) digantikan Johan Munandar (PKB).

Sedangkan posisi sekretaris masih dijabat oleh Sadji (PAN) dan ketua komisi masih dijabat Dwi Kristiantoro dari Fraksi PDIP. “Untuk Komisi C ada perubahan pada posisi Wakil Ketua Komisi C saja,” kata dia.

Sementara untuk Komisi D yang sebelumnya pada posisi ketua dijabat oleh Enggar Suryo Jatmiko (Gerinda) digantikan oleh Suratman (PDIP). Sedangkan untuk posisi wakil ketua masih dijabat oleh Yasmuri (PKB) dan sekretaris Ahmad Agus Sofyan (PKS) menggantikan Pramu Diananta Indratriatmo (PDIP).

BACA JUGA: Ingat! JJLS Ditutup Setiap Sabtu-Minggu Selama Ramadan

Adapun untuk Komisi A tidak ada perubahan. Ketua Komisi A masih dipegang Agus Salim (PKB), wakil ketua dijabat Surotun (PAN) dan sekretaris dijabat oleh Jumakir dari (Persatuan Demokrat).

Hanung menambahkan untuk jabatan BKD, posisi ketua kini dijabat oleh Pramu Diananto Indratriatmo (PDIP) menggantikan Petrus Lanjar (Gerindra). Sedangkan Wakil Ketua BKD dijabat oleh Roni Wijaya Indra Gunawan (Persatuan Demokrat).

Sementara Ketua Bapemperda saat ini dijabat oleh Pambudi (PDIP) dan Wakil Ketua dijabat oleh Eko Sutrisno Aji dari (Persatuan Demokrat).

“Dalam perubahan alkap ini ada dua fraksi yang tidak menempatkan anggotanya pada pimpinan alkap, yakni Gerindra dan Golkar,” ujar Hanung.

Sekretaris Komisi A DPRD Bantul, Jumakir mengatakan baginya tidak ada masalah mau jadi pimpinan alkap atau tidak, “Lagipula haknya juga tidak beda jauh antara pimpinan alkap dan anggota,” kata Jumakir.

Dia hanya berharap dengan pimpinan alkap yang baru ini kinerja komisi dalam mengawal aspirasi masyarakat dan juga fungsi lainnya berjalan lebih optimal dan lebih bermanfaat bagi masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Vaksin Covid-19 Jadi Berbayar Saat Status Pandemi Dicabut

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Salah Kaprah, Ini Makna Healing yang Sesungguhnya

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 19:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement