Advertisement

Warga Bantul yang Berhasil Menangkap Pelaku Kekerasan Jalanan Dapat SIM Gratis

Ujang Hasanudin
Selasa, 12 April 2022 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Warga Bantul yang Berhasil Menangkap Pelaku Kekerasan Jalanan Dapat SIM Gratis Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Kepolisian Resor Bantul meluncurkan program patroli sahur on the road atau patroli sambil sahur di jalan dengan mengendarai sepeda motor roda dua untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antarkelompok dan juga kejahatan jalanan yang marak akhir-akhir ini.

“Saya membuat terobosan ya mungin bisa dilihat di Instagram kami di Youtube kami saya membuat patroli roda dua, saya sebut patroli saur on the ruoad lah, karena sahur di jalan seperti di Warmindo dan salat juga di jalan,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, Selasa (12/4/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Patroli sahur on the road terus dilaksanakan setiap dini hari sampai pukul 06.00 WIB di lokasi-lokasi yang rawan terjadinya tawuran dan kejahatan jalanan. Patroli tersebut akan dilakukan sampai selesai Ramadan.

BACA JUGA: Bantul Buka Layanan Vaksin Sambil Ngabuburit Plus Dapat Takjil Gratis

Patroli tersebut langsung ia pimpin sendiri, namun terkadang dipimpin oleh wakil Kepala Kepolisian Resor Bantul atau Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Bantul, “Alhamdulillah kegiatan ini memberikan rasa aman dan nyaman. Rata-rata masyarakat mengucapkan terimakasih,” ujar Ihsan.

Tidak hanya dilakukan jajaran pimpinan Polres, namun ia juga memerintahkan kegiatan serupa dilakukan oleh Polsek-Polsek. Selain mengendarai roda dua, Ihsan memerintahkan jajarannya untuk melakukan blue light patrol atau menyalakan lampu biru di lokasi-lokasi rawan terjadinya kejahatan jalanan.

Selain itu untuk mengatasi tawuran antarkelompok dan kejahatan jalanan diakui Kapolres tidak bisa hanya diserahkan kepada polisi, namun masyarakat dan orang tua juga harus terlibat di dalamnya. Menurut dia perang orang tua sangat penting untuk emngawasi anak-anaknya ketika bepergian pada malam hari apalagi sampai dini hari.

Masyarakat juga diminta untuk menjaga lingkungannya masing-masing dan menginformasikan jika melihat sekelompok orang yang mencurigakan di malam hari. Bahkan pihaknya akan memberikan penghargaan langsung bagi masyarakat yang ikut membantu menangani aksi tawuran dan kejahatan jalanan ini.

Advertisement

“Yang bisa mengamankan pelaku kejahatan jalanan saya kasih penghargaan ya sekedar untuk berbuka puasa plus SIM gratis,” ujar Ihsan.

Khusus pemberian SIM gratis, kata Ihsan, nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Misalnya, bila masyarakat hanya memiliki kemampuan mengendarai roda dua maka nanti yang digratiskan adalah Penerimaan Negara Bukan Pajak (BNPB) pembuatan atau perpanjangan SIM C. Sementara jika kesulitan, Kapolres memastikan pihaknya akan memberi bantuan dan melatih masyarakat tersebut sampai layak mendapat izin mengemudi.

“Nanti akan kami bayar biaya-biaya PNBP yang ada dalam proses penerbitan SIM. Sementara bagi masyarakat yang sudah memiliki SIM, nanti saya kasih nomor HP [kuota internet] dan ingatkan saya kalau masa berlaku sudah hampir habis. Silakan datang ke kantor,” ujar Ihsan.

Advertisement

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis mengatakan dalam menangani aksi kejahatan jalanan pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) seperti bupati dan wakil bupati Bantul, pimpinan polres, kejaksaan negeri, pengadilan negeri, kodim 0729 akan melakukan patroli rutin, “Kami akan melakukan patroli bersama secara berkala,” kata Helmi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement