Advertisement

Pastikan Kendaraan Mudik Layak Beroperasi, Dishub DIY Perbanyak Ramp Check

David Kurniawan
Rabu, 13 April 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Pastikan Kendaraan Mudik Layak Beroperasi, Dishub DIY Perbanyak Ramp Check Petugas Dinas Perhubungan Gunungkidul bersama-sama dengan anggota kepolisian saat memeriksa kendaraan luar daerah yang masuk melalui pintu di Pos Hargodumilah, Kapanewon Patuk, Selasa (11/5/2021) sore. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan DIY akan memperbanyak lokasi ramp check untuk melihat kelayakan kendaraan angkutan umum beroperasi selama Lebaran 2022.

BACA JUGA: Warga Kasihan Tewas Ditikam, Kesaksian Warga: Pelaku Keluar dengan Santai

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti mengatakan ramp check akan dilakukan di beberapa titik untuk memastikan kelaikan kendaraan yang beroperasi. Ini berkaitan dengan keselamatan penumpang. Selain di tempat seperti biasa yaitu terminal, pemeriksaan akan dilakukan di jalur menuju destinasi wisata dengan objek jalan yang menanjak.

Ia mengatakan titik ramp check disiapkan di terminal tipe A yaitu Giwangan dan Dhaksinarga Wonosari serta terminal tipe B di Jombor dan Wates. Jika lolos di pemeriksaan terminal, kendaraan akan diperiksa di kawasan destinasi wisata.

“Tetapi untuk pemeriksaan di destinasi wisata berlangsung di jalur yang agak jauh, misalnya kalau sasarannya Mangunan, diperiksa di kawasan Jalan Imogiri. Kami ingin memastikan bahwa kendaraan yang beroperasi ini layak demi keamanan bersama, sehingga harus diperiksa ketat,” ujarnya, Rabu (13/4/2022).

BACA JUGA: Tidak Ada Saksi Meringankan yang Membela Siskaeee

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi menyatakan kendaraan yang menuju jalur dengan topografi miring seperti di kawasan Sleman, Bantul, dan Gunungkidul akan mendapat perhatian khusus.

“Kalau kendaraan tidak memenuhi standar kelayakan, kami larang untuk meneruskan perjalanan ke objek wisata di ketinggian. Kami arahkan ke objek yang dengan elevasi yang tidak membutuhkan kondisi mesin yang prima,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Ada Lagi Mie Setan dan Iblis, Ini Daftar Menu Baru Mie Gacoan

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement