Advertisement

Mau Ikut Mudik, Ratusan Mahasiswa Ikuti Vaksinasi Booster

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 16 April 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mau Ikut Mudik, Ratusan Mahasiswa Ikuti Vaksinasi Booster Kalangan mahasiswa antusias mengikuti kegiatan Vaksinasi Ramadan yang digelar Ikagoe-BIN DIY di Sahid Jaya Hotel, Babarsari, Jumat (15/4/2022) sebagai prasyarat untuk mudik. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di wilayah Babarsari, Caturtunggal, Depok antusias mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster. Mereka mengikuti kegiatan tersebut untuk memenuhi syarat mudik.

Stefani, mahasiswa Program Studi Pertambangan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) asal Bengkulu bersyukur bisa mengikuti kegiatan vaksinasi booster yang digelar Ikatan Alumni Geolog (Ikageo) ITNY. Pasalnya, pemberian vaksinasi booster dia perlukan untuk mudik lebaran nanti.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Rencana mudik ke Bengkulu pekan depan. Makanya saya ikut booster malam ini," katanya di sela kegiatan Vaksinasi Ramadan yang digelar Ikagoe ITNY-BIN DIY di Sahid Jaya Hotel, Babarsari, Jumat (15/4/2022).

Rektor ITNY Ircham mengatakan pemberian vaksinasi booster tersebut untuk membantu para mahasiswa di kampus-kampus wilayah Babarsari dan masyarakat yang ingin memperoleh layanan vaksin dosis ketiga. Vaksinasi booster tersebut diberikan, selain mempekuat imun dari Covid-19 juga untuk memenuhi prasyarat untuk mudik.

"Kami sengaja menggelar vaksinasi booster ini malam hari, setelah buka puasa karena sebagian orang enggan menerima vaksin saat ia berpuasa. Ini wujud kepedulian kami untuk ikut memberi rasa aman kepada mahasiswa dan masyarakat," katanya.

Baca juga: Jadi Syarat Mudik Semua Moda Tranportasi, Begini Cara Mengisi eHAC di PeduliLindungi

Wakil Ketua Ikageo ITNY Mudor Musa menambahkan kegiatan vaksinasi yang digelar Ikageo bertujuan untuk membantu masyarakat maupun mahasiswa di sekitar kampus agar mendapatkan layanan booster. "Terutama bagi mahasiswa yang ingin mudik ke kampung halaman. Sebab vaksin adalah kewajiban sebelum mudik, khususnya Booster," katanya.

Koordinator Kegiatan Vaksinasi Binda DIY Adi Riyanto mengatakan kegiatan tersebut menjadi salah satu cara untuk mempercepat dan meningkatkan capaian vaksinasi di DIY, khususnya booster. Pihaknya menyediakan 300 dosis untuk vaksinasi booster. "Tujuan utamanya tentu agar imunitas masyarakat meningkat dan menjadi sehat. Apalagi dalam waktu dekat sebagian masyarakat akan melakukan mudik," katanya.

Hingga kini, di DIY capaian vaksin dosis ketiga sudah mencapai 26% atau hampir menyentuh 30%. Seluruh kabupaten dan kota di DIY, bersama-sama mempercepat kegiatan vaksinasi booster. "Sasaran saat ini adalah kalangan mahasiswa atau masyarakat yang akan mudik. Alhamdulillah mereka antusias mengikuti daripada siang hari karena sedang berpuasa," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Ada Lagi Mie Setan dan Iblis, Ini Daftar Menu Baru Mie Gacoan

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement