Advertisement

Duh...Hasil Tryout Pelajaran IPA Siswa SMP di Jogja Mengecewakan

Newswire
Minggu, 17 April 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Duh...Hasil Tryout Pelajaran IPA Siswa SMP di Jogja Mengecewakan Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Jogja menyebut capaian nilai untuk mata pelajaran IPA berdasarkan hasil uji coba (tryout) Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) yang dilakukan beberapa kali belum menunjukkan hasil maksimal.

“Rata-rata nilai dari hasil tryout belum maksimal. Dari empat mata pelajaran [mapel] yang diujikan, nilai paling rendah adalah dari mata pelajaran IPA,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Hasyim di Jogja, Ahad (17/4/2022).

Advertisement

Menurut dia siswa SMP di Kota Jogja menjalani tiga kali tryout atau tes pendalaman materi sebagai persiapan menghadapi ASPD yang dijadwalkan dilakukan pada pertengahan Mei 2022.

Ia menjelaskan dua kali tes digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan satu kali tes digelar oleh Pemerintah DIY. Seluruhnya dilakukan semi daring sebagai simulasi tes yang sebenarnya.

Disebutkannya bahwa hasil tryout untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menunjukkan hasil yang lebih baik meskipun dinilai belum memuaskan, begitu pula dengan Matematika.

BACA JUGA: Kebanyakan Pelaku Kekekrasan Jalanan di Jogja dari Keluarga Broken Home, Begini Saran Penanganannya

“Nilai paling rendah adalah untuk mata pelajaran IPA. Jadi, sekolah diminta untuk lebih memaksimalkan pendalaman materi untuk mata pelajaran ini. Lebih diintensifkan lagi. Apalagi waktu yang tersisa untuk ASPD kurang dari sebulan,” katanya.

Jika dibanding tahun lalu, kata dia, hasil tes pendalaman materi ASPD pada tahun ini juga lebih rendah.

Meskipun demikian, katanya, tryout ASPD selalu menunjukkan nilai yang lebih rendah dibanding tes yang sebenarnya karena standar soal yang diujikan dibuat lebih tinggi.

“Harapannya, siswa akan lebih terpacu untuk belajar lebih baik dan lebih luas sehingga saat ujian yang sebenarnya bisa memahami soal dengan lebih baik,” katanya.

Selisih rata-rata nilai tryout dengan tes ASPD yang sebenarnya bisa mencapai sekitar 1,5 digit. “Seperti tahun lalu, pada tahun ini pun kami tetap menargetkan untuk bisa memperoleh rata-rata nilai terbaik di DIY,” demikian Hasyim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement