Advertisement

Mudik Lebaran, Bandara YIA Mulai Padat

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 20 April 2022 - 14:57 WIB
Bhekti Suryani
Mudik Lebaran, Bandara YIA Mulai Padat Ruang tunggu Bandara YIA di Kulonprogo, Kamis (6/1/2022). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Kepadatan penumpang di bandara Yogyakarta International Airport (YIA) jelang Lebaran 2022 mulai terlihat. Peningkatan gelombang pemudik di bandara YIA tak lepas dari dilonggarkannya syarat perjalanan sehingga sejumlah pengguna jasa transportasi udara memutuskan untuk mudik lebih awal.

Salah satu penumpang di Bandara YIA, Maulida, 22, mengatakan dirinya memutuskan untuk mudik lebih awal dikarenakan syarat untuk pelaku perjalanan domestik menggunakan transportasi udara kini kian dipermudah.

Advertisement

"Alasan lainnya adalah karena kegiatan perkuliahan saya sudah tidak ada akhirnya memutuskan untuk mudik lebih awal," ujar Maulida yang berasal dari Lombok ini pada Rabu (20/4/2022).

BACA JUGA: Instalasi Pemanen Air Hujan Bisa Atasi Kekeringan, Ini Kelebihannya...

Dikatakan Maulida, kini masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi booster Covid-19 tidak perlu menunjukkan hasil negatif PCR maupun antigen. Hal tersebut dinilainya menjadi faktor mengapa animo masyarakat untuk mudik lebih awal cukup tinggi.

"Meskipun, kalau baru mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama maupun kedua tetap harus menunjukkan hasil PCR maupun rapid antigen ya. Cuman sekarang kalau udah booster kan lebih mudah ya," ungkap Maulida.

Disinggung mengenai harga tiket, dirinya mengklaim bahwa memang terjadi kenaikan. Namun, kenaikannya tidak cukup signifikan. Kenaikan berdasarkan pengamatan tak lebih dari 30 persen.

"Paling sekitar 30 persen, dari sebelumnya Rp1 juta sampai Rp1,2 juta sekarang naik 1,5 juta. Kenaikan harga ada, tapi tidak signifikan," ungkap Maulida.

Sementara itu, PTS General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan kenaikan penumpang di bandara YIA diprediksikan mencapai 100 persen.

"Saya kira akan ada lonjakan terutama satu Minggu maupun sebelum hari h idul fitri. Kita persiapkan terus ya. Kita prediksikan penumpang mencapai 12 ribu orang," ujar Agus Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Klaten Tetap Tolak Jalan Tol Lingkar Luar Solo

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement