Advertisement

Kementan Tetapkan Padi Menor Kulonprogo Jadi Varietas Unggulan Nasional

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 22 April 2022 - 13:37 WIB
Budi Cahyana
Kementan Tetapkan Padi Menor Kulonprogo Jadi Varietas Unggulan Nasional Ilustrasi - Antara/Yusran Uccang

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Varietas padi unggulan Kulonprogo, Melati Menoreh, atau lebih dikenal dengan Padi Menor resmi ditetapkan sebagai varietas unggulan nasional oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

BACA JUGA: Banyak Siswa Belum Ber-SIM Naik Motor, Disdikpora DIY: Kami Kesulitan

Advertisement

Kasubid Pendaftaran Peredaran Varietas Tanaman pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kemetan Wiji Astutingsih mengatakan penetapan Menor sebagai varietas baru atau unggul nasional sebagai sebuah langkah yang positif. Dia berharap penetapan ini membuat Padi Menor bisa lebih dikenal masyarakat dan berkembang luas.

“Ini bisa memacu dan menumbuhkan minat masyarakat luas untuk menanam Menor, sehingga Menor bisa lebih berdaya lagi,” ujar Wiji pada Jumat (22/4/2022). 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo Muhammad Aris Nugroho mengatakan penetapan padi Menor merupakan buah dari perjuangan panjang yang telah dilakukan sejak 2013 dari mulai proses pemuliaan, pengembangan, evaluasi hingga pengusulan penetapan varietas unggul.

“Sangat menggembirakan bagi Kulonprogo. Ini akan menjadi nilai tambah bagi petani Kulonprogo,” kata Aris.

Menurut Aris, petani dapat mengembangkan Padi Menor secara massal karena sudah mengantongi izin. Padi Menor juga dapat diperjualbelikan secara luas baik berupa gabah maupun benih. Pada tahun 2022, Pemkab Kulonprogo juga telah menargetkan 90 hektare lahan untuk pengembangan Menor.

“Menor memiliki kualitas bagus, baik dari rasa maupun produktifitasnya yang tinggi, ini bisa dikembangkan besar-besaran karena sudah berizin, tidak menutup kemungkinan bisa dijual ke luar daerah, namun sementara kami masih fokus pada pemenuhan kebutuhan lokal Kulonprogo,” ungkap Aris.

BACA JUGA: Supir Mengantuk, Minibus DAMRI Terjun ke Jurang Nanggulan

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengharapkan Padi Menor dapat berkembang menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencari varietas padi unggulan.

Melati Menoreh atau lebih dikenal dengan padi Menor resmi ditetapkan sebagai varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian. Penetapan tersebut tertuang dalam SK Menteri Pertanian tentang Penetapan Pelepasan Varietas Baru yang diterima Bupati Kulonprogo Sutedjo dari perwakilan Kementerian Pertanian di Ruang Menoreh Pemkab Kulonprogo, Kamis (21/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement