Advertisement

Salat Id di Teras Merapi Diikuti Warga Glagaharjo dan Klaten

Lugas Subarkah
Senin, 02 Mei 2022 - 10:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Salat Id di Teras Merapi Diikuti Warga Glagaharjo dan Klaten Masyarakat mengikuti Salat Id di Teras Merapi, Cangkringan, Senin (2/5/2022).-Lugas Subarkah - harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19, warga kembali menggelar Salat Id bersama di masjid dan lapangan, salah satunya di Teras Merapi, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Sleman, Senin (2/5/2022).

Di lokasi wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi ini, ratusan warga antusias mengikuti Salat Id. Protokol kesehatan tetap dijalankan dalam kegiatan itu. Di pintu masuk, panitia memberikan masker bagi jemaah yang tidak memakai.

Advertisement

Bertindak sebagai khotib yakni Kamituwo Kalurahan Glagaharjo, Sumarno. Dalam kotbahnya, ia menuturkan Lebaran bukan untuk orang dengan baju baru tapi untuk orang yang ketaatanya tambah. "Bukan untuk kendaraan baru tapi untuk orang yang dosanya diampuni. Ramadan adalah bulan pengampunan dosa," ujarnya.

Menurutnya, Ramadan adalah bulan menuju takwa, menuruti perintah dan menjauhi larangan Allah. "Orang takwa tidak takut menyuarakan kebaikan walau menghadapi rintangan. Al-Qur’an dibaca dan diamalkan," katanya.

Lurah Glagaharjo, Suroto, mengatakan Teras Merapi digunakan Salat Id oleh warga Glagaharjo dan Klaten, Jawa Tengah. Di lokasi ini diperkirakan dihadiri sebanyak 500 jemaah. Ia mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Bersyukur sehingga kita bisa menunaikan ibadah Salat Id. Pemerintah sudah melonggaran kegiatan, tapi jangan sampai kita lengah karena Covid-19 masih ada. Jangan sampai kena Covid-19," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini ia juga berharap dengan diadakannya kembali Salat id bersama, bisa menguatkan rasa persaudaraan masyarakat. "Ada yang puasa 29 hari, ada yang 30 hari. Tapi tidak menjadikan perpecahan," katanya.

 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Akhirnya Tahan Tersangka Korupsi Helikopter AW-101

News
| Selasa, 24 Mei 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement