Advertisement

Tebing Breksi Bersiap Hadapi Puncak Wisatawan Libur Lebaran

Lugas Subarkah
Selasa, 03 Mei 2022 - 18:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tebing Breksi Bersiap Hadapi Puncak Wisatawan Libur Lebaran Sejumlah pengunjung berwisata di Tebing Breksi, Selasa (3/5/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Kunjungan ke Tebing Breksi mulai meningkat sejak H-1 Lebaran. Diprediksi puncak kunjungan wisata ke salah satu destinasi primadona di Sleman ini akan terjadi pada akhir pekan setelah lebaran.

Ketua Pengelola Tebing Breksi, Widiyanto Kholiq, menjelaskan kunjungan wisatawan pada bulan Ramadan sangat rendah, yakni sekitar 200-300 orang per hari. "H-1 lebaran kemaren 650. Terus hari H lebaran kami buka dari siang, sudah ada 1.200 pengunjung," ujarnya, Selasa (3/5/2022)

Advertisement

Pada H+2 lebaran diperkirakan jumlah kunjungan mencapai 3.000 orang, dengan waktu kunjungan paling banyak di sore hari. Kemudian puncak kunjungan wisata libur Lebaran diprediksi akan terjadi pada akhir pekan setelah lebaran, yakni 7 dan 8 Mei.

Untuk menyambut kunjungan wisata selama libur Lebaran, pengelola Tebing Breksi akan menggelar pertunjukan bertajuk Ba'da neng Breksi. "Ini yang ke empat. Seharusnya ke enam, tapi karena dua tahun libur karena pandemi, jadi sekarang masih yang ke empat," ungkapnya.

Baca juga: 3 Pos Pantau di Kawasan Hutan Pinus Mangunan Disiapkan

Dalam kegiatan ini, akan berlangsung pertunjukan seni potensi lokal di dua panggung, pada 4-10 Mei. Beberapa pengisi pertunjukan di antaranya jatilan, tari, band dan lainnya. "Yang panggung depan dari pagi ada. Kalau belakang sore saja," katanya.

Untuk akses masuk, pengelola juga menyiapkan rekayasa jalur jika terjadi kepadatan lalu lintas di sepanjang akses Tebing Breksi. "Kalau sudah terlalu padat kita keluarkan, di pertigaan-pertigaan, sudah kami siapkan petunjuk arah," ungkapnya.

Disiapkan pula petugas yang akan mengarahkan kendaraan ke jalur-jalur alternatif tersebut. Selain mengarahkan, petugas yang bekerja sama dengan Karangtaruna setempat juga akan membantu kendaraan yang sedang mengantre di tanjakan.

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Berdasarkan pengalaman selama ini, di saat libur panjang menurutnya banyak pengemudi yang belum mahir di jalur tanjakan Tebing Breksi. "Munigkin belum terbiasa di tanjakan. Atau dia nyopir belum lama," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement