Advertisement

Jogja Terancam Darurat Sampah, Wawali: Soal TPST, Lihat Kepentingan yang Lebih Besar

Sirojul Khafid
Senin, 09 Mei 2022 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Jogja Terancam Darurat Sampah, Wawali: Soal TPST, Lihat Kepentingan yang Lebih Besar Beberapa gerobak sampah berjejer di depan depo pembuangan sampah sementara di samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kota Jogja berpotensi mengalami darurat sampah akibat penutupan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, DIY. 

Sejauh ini, sudah tiga hari sampah dari masyarakat menumpuk di depo pembuangan sementara. Sementara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mampu menahan sampah di seluruh depo, tempat pembuangan sampah sementara, dan armada sampah maksimal lima hari. Lebih dari itu, akan terjadi darurat sampah.

Advertisement

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan sampah yang dihasilkan saat libur Lebaran 2022 memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Proses pengambilan sampah yang semula hanya dilakukan dua atau tiga kali sehari, maka saat libur Lebaran bisa dilakukan lima kali sehari bahkan bisa lebih jika masih ada tumpukan sampah,” katanya.

BACA JUGA: Inflasi April 2022 di DIY Tertinggi Selama Pandemi sejak 2020

Heroe mengatakan peningkatan sampah tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja. Dia berharap masyarakat serta wisatawan menunda membuang sampah jika tempat sampah sudah penuh.

Heroe juga berharap permasalahan di TPST Piyungan bisa segera diselesaikan. Selama TPST Piyungan masih ditutup, masyarakat di Kota Jogja diimbau menahan diri tidak membuang sampah.

“Seluruh pihak yang terkait dengan TPST Piyungan sebaiknya tidak melakukan tindakan sepihak karena akan berdampak pada masalah yang lebih besar. Perlu dilihat mana kepentingan bersama yang lebih besar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Hujan Lebat Terjadi di 32 Provinsi Termasuk DIY

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement