Advertisement

Jogja Darurat Sampah di Depan Mata, Ini Buktinya

Sirojul Khafid
Senin, 09 Mei 2022 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Jogja Darurat Sampah di Depan Mata, Ini Buktinya Beberapa gerobak sampah berjejer di depan depo pembuangan sampah sementara di samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kota Jogja berpotensi mengalami darurat sampah akibat penutupan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, DIY.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja Sugeng Darmanto, mengatakan sudah tiga hari sampah dari masyarakat menumpuk di depo pembuangan sementara.

Advertisement

"Kami mampu menahan sampah di seluruh depo, tempat pembuangan sampah sementara, dan armada sampah maksimal lima hari. Lebih dari itu, akan terjadi darurat sampah," kata Sugeng, Senin (9/5/2022).

BACA JUGA: Setelah Lebaran, Jumlah Warga Mengurus Dokumen Kependudukan Melonjak

Adapun batas waktu sampai depo sementara tidak bisa menampung adalah hingga Rabu (11/5/2022). Rata-rata volume sampah yang dibuang ke depo dan tempat pembuangan sampah saat ini, kata Sugeng, mengalami kenaikan sekitar 15%.

Kenaikan ini terkait dengan kunjungan wisatawan ke Kota Jogja selama libur Idulfitri 2022. Rata-rata volume sampah yang dihasilkan Kota Jogja sekitar 370 ton.

Sebanyak 260 ton di antaranya dibuang ke TPST Piyungan. Sementara sisanya dapat diserap oleh bank sampah dan pemulung.

"Bisa dihitung sendiri berapa volume sampah yang saat ini menumpuk di depo dan tempat pembuangan sementara serta tertahan di armada sampah karena belum bisa dibuang ke Piyungan," katanya.

Untuk itu, DLH Kota Jogja akan berupaya agar tumpukan sampah tidak sampai meluber ke jalan. Salah satunya dengan menyiapkan dua armada untuk membawa sampah ke Tempat Pembuangan Sementara Nitikan atau tempat lain yang masih memungkinkan.

Diketahui, penutupan TPST Piyungan sudah terjadi beberapa kali pada 2022 ini. "Yang dibutuhkan adalah penyelesaian jangka menengah dan panjang. Salah satunya menyiapkan lahan untuk pengelolaan sampah," kata Sugeng.

Pemerintah Kota Jogja berupaya mengadakan lahan untuk pengelolaan sampah. Namun saat ini masih dalam tahap kajian. Lahan yang direncanakan itu berlokasi di kabupaten lain. Adapun rencana realisasi pada 2023.

“Kemudian disiapkan seluruh infrastruktur pendukungnya sehingga tidak ada lagi kekhawatiran darurat sampah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement