Advertisement

Akses Jalan di Plumpang Kulonprogo Masih Tertutup Longsor, 5 Hari Baru Bisa Dibuka

Anisatul Umah
Minggu, 22 Mei 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
 Akses Jalan di Plumpang Kulonprogo Masih Tertutup Longsor, 5 Hari Baru Bisa Dibuka Longsor yang menutup jalan di Kulonprogo - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Akses jalan di Dusun Plampang II, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo hingga hari ini, Minggu (22/05/2022) masih tertutup material longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan setidaknya butuh waktu lima hari untuk membuka akses jalan. Itupun dengan catatan tidak terjadi hujan lebat kembali.

Advertisement

"Sekitar lima hari [buka akses jalan], dengan catatan tidak ada hujan deras. Ruas jalan Pripih, Kalirejo masih tertutup baik untuk roda dua apalagi roda empat," ungkapnya kepada Harian Jogja, Minggu (22/05/2022).

Alat berat sudah diturunkan sejak Sabtu (21/05/2022). Jika pembukaan jalan butuh sekitar lima hari, setidaknya kendaraan baru bisa melintas pada Kamis (26/05/2022) mendatang.

BACA JUGA: Pulang dari Sarkem, 4 Pemuda Dihajar Massa Lantaran Buat Onar

Namun demikian dia berharap agar proses pembukaan jalan bisa berlangsung lebih cepat. BPBD Kulonprogo menurunkan dua eskavator dan enam drum truck untuk menyingkirkan material longsor yang menutupi jalan.

"Mudah-mudahan bisa lebih cepat lagi [pembersihan material longsor]," harapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, longsor susulan masih mungkin terjadi apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. BPBD Kulonprogo dia sebut belum bisa melakukan penanganan secara konstruktif untuk mencegah longsor.

"Kondisi lapangan perlu kajian pengamanan tebing dan biaya besar untuk merealisasikan itu," jelasnya.

Advertisement

Warga yang sebelumnya mengungsi menurutnya juga hanya mengungsi saat terjadi hujan saja. Selebihnya mereka beraktivitas di rumah masing-masing.

"Mereka mengungsi saat terjadi hujan," lanjutnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

News
| Selasa, 28 Juni 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement