Advertisement

Saling Tantang Setelah Kecelakaan, Pelajar Jogja Kena Bacok 

Yosef Leon
Rabu, 01 Juni 2022 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Saling Tantang Setelah Kecelakaan, Pelajar Jogja Kena Bacok  Polisi menunjukkan barang bukti senjata tajam yang digunakan tersangka untuk menganiaya korban, Rabu (1/6/2022) di Mapolsek Mergangsan. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekelompok pelajar asal Jogja saling serang di wilayah Mergangsan pada Sabtu (21/5/2022) lalu. Insiden ini dipicu persoalan kecelakaan. Padahal sebelumnya kedua pihak yang terlibat telah berdamai.

Namun mereka kembali saling tantang lewat media sosial (medsos). Akibatnya satu orang mengalami luka bacok di bagian punggung dan pinggang. 

Advertisement

Kapolsek Mergangsan, Kompol Rachmadiwanto, menjelaskan korban berinisial KB, 16, warga Bintaran Kulon, Mergangsan. Ia awalnya terlibat kecelakaan dengan tersangka ALR, 16, asal Wirogunan. Perkara kecelakaan itu selesai dan didamaikan secara kekeluargaan. Hanya saja, korban merasa kurang puas lantas menghubungi tersangka dan menantangnya untuk adu jotos. 

"Lokasi perkelahian di Jalan Bintaran sekitar pukul 05.00 Wib. Kelompok korban sudah menunggu dan setelah kelompok tersangka tiba, perkelahian langsung terjadi," kata Kapolsek, Rabu (1/6/2022). 

Kelompok tersangka yang datang saat itu berjumlah tujuh orang. Mereka saat itu membawa senjata tajam jenis celurit. Kelompok korban kemudian ciut dan langsung kabur. Namun, KB sempat terjatuh dan dianiaya oleh rombongan tersangka. Ia dibacok sebanyak dua kali mengenai bagian punggung dan pinggang. 

"Korban langsung mengadu kepada polsek bersama orang tuanya. Setelah melakukan penyelidikan, sehari setelahnya para tersangka kami tangkap di kawasan Umbulharjo," kata Rachmadiwanto. 

Para tersangka dikenakan pasal 170 KUHP atau pasal 351 KUHP Juncto pasal 55 dan 56 KUHP subsider pasal 80 ayat 2 juncto pasal 76 C UU Nomor 35 Tahun 2014, juncto pasal 55 dan 56 KUHP subsider pasal 80 ayat 1 juncto pasal 76 C UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (PK Bapas) Kanwil Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) DIY Farid Edy Santosa yang hadir dalam kesempatan itu menjelaskan, proses hukum sampai dengan saat ini masih terus berlangsung. Kedua kelompok secara sadar saling tantang via media sosial dan Bapas tetap melakukan pendampingan kepada kedua pihak.

"Inti masalah ini bukan penganiayaan murni. Ada yang kalah jumlah, kalah persiapan. Mereka secara sadar tantang-tantangan. Di KUHP ada perang tanding, yang satu kalah senjata akhirnya muncul korban. Proses hukum mengikuti apa yang digariskan sistem peradilan pidana anak (SPPA)," kata Farid. 

Dia menjelaskan dalam hukuman yang menjerat para tersangka pada kasus ini di bawah tujuh tahun sehingga penyelesaian dapat dilakukan dengan upaya diversi. Namun apabila jerat hukum para tersangka di atas tujuh tahun, kasus itu dapat dibawa ke pengadilan dengan menggelar sidang formal.

"Putusan diversi tergantung korban. Kalau korban tidak siap, tidak mau diversi, kasus itu tetap akan berlanjut ke pengadilan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement