Advertisement

Peringati Bulan Pancasila, Barikade 98 DIY Gelar Aksi Damai dan Bakti Sosial

Arief Junianto
Senin, 06 Juni 2022 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Peringati Bulan Pancasila, Barikade 98 DIY Gelar Aksi Damai dan Bakti Sosial Ilustrasi lambang Pancasila. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Pancasila. Pada 1 Juni 1945, Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia diperkenalkan kali pertama oleh Soekarno pada 1 Juni 1945 di sidang BPUPKI.

Atas dasar peristiwa itulah, salah satu organisasi masyarakat berbasis pemuda di DIY, Barikade 98 DIY mencanangkan Juni 2022 sebagai Bulan Pancasila.

Advertisement

Melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (6/6/2022), Barikade 98 berharap dengan peringatan Bulan Pancasila mampu mendorong pemuda untuk siap menjadi garda terdepan dalam menjaga dan membela Pancasila sebagai ideologi sekaligus pemersatu bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Teladani Perjuangan Bung Karno, PDI Perjuangan DIY Adakan Pagelaran Wayang Republik

Guna mengisi Bulan Pancasila, Barikade 98 DIY menggelar dengan berbagai kegiatan, di antaranya Diskusi Kebangsaan, kunjungan ke tokoh tokoh pemuka agama dan kepercayaan di DIY, aksi damai untuk merespons isu terkini baik lokal maupun nasional, serta aksi sosial pembagian paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Tepat pada 6 Juni, yang juga merupakan hari lahir Bung Karno, kami menggelar aksi damai dan aksi sosial Bulan Pancasila di Kawasan Tugu Yogyakarta tepatnya di sebelah utara Jalan Mangkubumi/Jalan Margo Utomo," kata Ketua Barikade 98 DIY melalui rilisnya, Senin.

Aksi damai tersebut diikuti puluhan anggota Barikade 98. Pada saat aksi berlangsung, peserta aksi mengibarkan bendera Merah Putih dan membentangkan spanduk dengan bertuliskan Bongkar Semua Praktek Korupsi, Kolusi, Nepotisme di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut Barikade 98 DIY menyampaikan pernyataan sikap mereka terkait dengan adanya kasus dugaan korupsi oleh pajabat dan mantan pejabat Kota Jogja. Selain itu, Barikade 98 DIY juga membagikan ratusan paket sembako kepada pekerja di seputaran kawasan Tugu Jogja.

BACA JUGA: Anak Muda DIY Diberi Ruang Ekspresi di Balai Budaya

Menurut Barikade 98 DIY, dugaan kasus korupsi merupakan salah satu bentuk ulah anti-Pancasila, merugikan masyarakat dan mencederai semangat membumikan nilai nilai Pancasila di Jogja yang sedang gencar digalakkan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Korupsi, kata mereka, membuat keadilan sosial dan rasa kemanusiaan terabaikan. Sebagai contoh akibat praktik korupsi pejabat dengan mudahnya mengizinkan pembangunan hotel dan apartemen secara masif tanpa memikirkan dampak lingkungan dan masyarakat.

Salah satu efek buruknya bagi masyarakat adalah semakin langkanya air bersih di Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement