Advertisement

Pedas! Harga Cabai Rawit di Bantul Kini Melmabung Jadi Rp90.000

Ujang Hasanudin
Senin, 06 Juni 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Pedas! Harga Cabai Rawit di Bantul Kini Melmabung Jadi Rp90.000 Ilustrasi cabai - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Harga sejumlah komoditas di Bantul naik. Kenaikan tertinggi ada pada cabai rawit merah yang mencapai Rp90.000 per kilogram, padahal sebelumnya cabai rawit masih di harga Rp70.000 per kilogram. Serangan hama disebut yang menyebabkan harga cabai mahal.

Hadiyah, salah satu pedagang bumbu di pasar Bantul mengatakan kenaikan harga cabai rawit merah ini cukup cepat, “Kenaikannya hanya berselang sehari untuk cabai rawit. Minggu masih Rp70.000 per kilogram. Senin ini sudah Rp90.000 per kilogram,” katanya, Senin (6/6/2022).

Advertisement

Sementara pekan lalu harga cabai rawit masih di kisaran Rp50.000-60.000 per kilogramnya. Selain jenis rawit, Hadiyah mengatakan harga cabai jenis merah keriting juga turut naik. Saat ini harga cabai merah keriting sudah menyentuh harga Rp60.000 perkilogram, padahal pekan lalu masih di angka Rp45.000 perkilogram.

BACA JUGA: Haryadi Suyuti Kena OTT KPK, Sultan: Mas Haryadi Sudah Langgar Janjinya Sendiri

Tidak hanya cabai, namun sejumlah komoditas lainnya diakui Hadiyah juga naik, seperti bawang merah Rp55.000 per kilogram dari yang tadinya Rp45.000 per kilogram. Bawang putih naik dari Rp36.000 menjadi Rp40.000 per kilogramnya.

Hadiyah tidak mengetahui pasti penyebab kenaikan harga komoditas tersebut, terutama cabai dan sayuran, “Katanya sih banyak yang terkena serangan hama,” ucapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul, Joko Waluyo menyatakan, saat ini serangan hama terhadap sayuran terutama cabai dan bawang merah cukup tinggi karena adanya peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau.

Namun untuk kemarau bagus untuk tanaman bawang merah. Sehingga selain hama juga karena yang menanam cabai berkurang. Dampaknya banyak petani yang tadinya menanam cabai juga beralih ke tanaman bawang merah, “Jadi produksi cabai menurun. Kalau pasokan berkuang dan permintaan tinggi otomatis harga naik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement