Advertisement

Damkar Jogja Lepaskan Jari Terjepit Piston, 2,5 Jam Baru Kelar

Sunartono
Sabtu, 11 Juni 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Damkar Jogja Lepaskan Jari Terjepit Piston, 2,5 Jam Baru Kelar Petugas Damkar Kota Jogja berusaha melepas piston dari jari telunjuk, Jumat (10/6/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Petugas Pemadam Kebakaran Kota Jogja mengevakuasi jari telunjuk yang terjepit piston pada Jumat (10/6/2022).

Petugas Piket Damkar Kota Jogja Yunanta menjelaskan peristiwa itu berawal saat ada salah satu warga Kota Jogja bernama Alfredo yang datang ke Pos Damkar Kyai Mojo. Alfredo menyampaikan kondisi jarinya yang masuk ke dalam sebuah piston alat produksi dan tidak bisa dikeluarkan. Adapun piston berbentuk kecil itu melilit di jarinya.

Advertisement

"Korban datang sekitar pukul 16.00 WIB, kemudian langsung dilakukan upaya evakuasi di Pos Damkar Kyai Mojo," katanya Sabtu (11/6/2022).

Yunan menambahkan berdasarkan keterangan dari korban, saat itu sedang membersihkan alat produksi dan bermaksud mengambil karet di dalam piston. Akan tetapi saat jari dimasukkan ternyata tidak bisa ditarik keluar.

Baca juga: Picu Kasus Baru di Dunia, Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Bali, Kebal Vaksin!

"Sebenarnya dia [korban] kalau membersihkan alatnya juga dengan cara itu, karetnya ditarik pakai jari lalu bisa keluar. Tetapi ini ternyata tidak bisa ditarik saat jari sudah masuk," katanya.

Ia mengatakan evakuasi melepas piston dari jari itu berlangsung sekitar 2,5 jam. Petugas melakukan pemotong terhadap piston secara hati-hati.

Dalam video yang dikirim lewat pesan WhatsApp piston dipotong dengan gerinda. Agar tidak melukai jari, petugas menempelkan besi halus atau alat pemotong kuku sebagai tumpuan. "Estimasi waktu sekitar 2,5 jam," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement