Advertisement

Kliripan Geotourism Didorong Jadi Wisata Unggulan Kulonprogo

Anisatul Umah
Minggu, 12 Juni 2022 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
Kliripan Geotourism Didorong Jadi Wisata Unggulan Kulonprogo Ilustrasi geoheritage di Gunungkidul. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo mendorong Kliripan Geotourism menjadi wisata unggulan. 

Kepala Dispar Kulonprogo, Joko Mursito, menjelaskan Kliripan Geotourism sudah ditetapkan sebagai cagar warisan budaya. Selain itu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga menetapkan Kliripan, Kapanewon Kokap, Kulonprogo sebagai lokasi geoheritage.

"Kami ada di tahap pertama di 2022 ini, pertama adalah kajian sejarah dan geoheritage," ujarnya Minggu (12/06/2022).

Sumber daya manusia di sektor wisata juga akan ditingkatkan kapasitasnya melalui berbagai pelatihan sehingga masyarakat siap saat sewaktu-waktu Kliripan dikembangkan menjadi kawasan wisata berbasis budaya.

"Selebihnya kami harus menata homestay pondok-pondok wisata melalui desa wisata dan kelompok sadar wisata (pokdarwis)," jelasnya.

Joko mengatakan geliat pariwisata di Kulonprogo menjadi sebuah keniscayaan ketika Yogyakarta International Airport (YIA) mulai beroperasi, ada Badan Otoritas Borobudur, jalur Bedah Menoreh, dan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Menurutnya Dispar juga punya program untuk memajukan Plaza Kuliner Glagah dan wisata alam pantai, kemudian menata kawasan Widosari yang juga termasuk geoheritage.

"Kemudian ada wisata budaya yang coba kami kembangkan di Jatimulyo terpusat di Kiskendo. Tahun ini kami membangun amphitheater. Insyaallah standar internasional dengan dukungan anggaran Danais 2022," tuturnya.

Pengelola DTW Pulepayung, Eko Purwanto, mengatakan kunjungan wisatawan pada Mei naik sekitar 50-60% dibandingkan bulan sebelumnya, salah satu faktornya adalah libur Lebaran. Sementara kunjungan pada Juni turun, diperkirakan dampak dari ujian akhir sekolah (UAS) karena wisatawan masih didominasi domestik.

"Beda cerita kalau wisatawan mancanegara sudah mulai masuk. Ke depan kami optimistis wisata mulai bangkit dengan adanya pelonggaran dan event-event yang sudah mulai diperbolehkan," ucapnya.

Advertisement

Berdasarkan data dari Dispar Kulonprogo, total wisatawan di Kulonprogo sampai 6 Juni 2022 dari 10 objek wisata sebanyak 15.489 orang. Pada Mei mencapai 203.394 orang, naik drastis jika dibandingkan April 17.716 orang. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com 7 Juli 2022

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement