Advertisement

Bergodo Jadi Ikon Pelengkap Daya Tarik Wisata di Malioboro

Yosef Leon
Selasa, 14 Juni 2022 - 06:57 WIB
Sirojul Khafid
Bergodo Jadi Ikon Pelengkap Daya Tarik Wisata di Malioboro Bergodo Suryatmojo dari Kelurahan Suryatmajan saat berjaga di kawasan Malioboro, Jogja, pada Sabtu dan Minggu (11-12/6/2022) - Ist/Bergodo Suryatmojo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY berupaya memaksimalkan atraksi dan daya tarik wisata di kawasan Sumbu Filosofi, terkhusus di area Malioboro, Jogja. Salah satunya dengan menghadirkan bergodo rakyat dari potensi masyarakat yang ada di sejumlah titik di kawasan Malioboro.

Bergodo sebagai ikon budaya Jogja dianggap tepat mempresentasikan Jogja kepada para wisatawan. Kehadiran personel bergodo akan jadi pelengkap atribut wisata di kawasan Malioboro.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar DIY, Kurniawan, menjelaskan ada empat bergodo dari sejumlah wilayah yang ditempatkan secara bergantian di kawasan Malioboro. Keempatnya yakni bergodo Reksawinanga, Suryatmojo, Wirososro, dan Saeko Kapti.

BACA JUGA: Ratusan Pecinta Burung Derkuku Berpartisipasi Rebutkan Piala Pakualam Cup VI

Selain menambah daya tarik kepariwisataan, pasukan bergodo yang ditempatkan di setiap titik di Malioboro juga berperan dalam sosialisasi protokol kesehatan (prokes). Mereka akan mengingatkan tentang penegakan prokes kepada pengunjung di tempat tersebut.

"Konsepnya juga community based tourism, yakni sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di sekitar Malioboro. Itu orang dan masyarakat yang berasal dari sekitar Malioboro yang merupakan bagian dari bergodo rakyat, salah satunya Suryatmajan," kata Kurniawan, Senin (13/6/2022).

Di sisi lain, bergodo rakyat juga punya tanggung jawab untuk memberikan informasi mengenai kepariwisataan kepada para pengunjung. Misalnya saja yang berkaitan dengan destinasi wisata yang ada di DIY, transportasi, dan lain sebagainya.

"Perannya sangat penting dan itu akan kami kembangkan ke seputaran Jalan P. Mangkubumi, di mana hotel juga akan kami tempatkan agar menjadi ikon," katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Penataan Malioboro Didukung lewat Danais

Saat ini Dispar DIY tengah melakukan inventarisasi untuk menempatkan bergodo di area perhotelan. Selain itu, akan ada pula koordinasi dengan kementerian terkait dalam memfasilitasi kostum dan peralatan lainnya.

"Mereka sudah sepakat untuk mendukung, kami juga sudah koordinasi dengan kementerian mengenai kostum, ini masih proses dan pembuatan kostum juga perhitungan jumlahnya," kata Kurniawan.

Advertisement

Sejak diluncurkan pada akhir 2021 lalu, secara bergantian empat pasukan bergodo yang berasal dari wilayah di seputaran Malioboro berjaga di kawasan Malioboro. Pada 11-12 Juni lalu misalnya, bergodo Suryatmojo mendapat kesempatan untuk ditempatkan di jantung Kota Jogja itu.

Ketua Paguyuban Bergodo Suryatmojo, Adi Nurwidiyanto menyebutkan, total ada sebanyak empat regu bergodo yang diterjunkan di kawasan Malioboro pada 11-12 Juni kemarin. Mereka ditempatkan di enam zona yang ada di area Malioboro.

BACA JUGA: Unggahan Medsos Bakal Bisa Pakai Aksara Jawa, Disbud DIY Sedang Siapkan Aplikasinya

"Total ada 23 bergodo dan di tiap zona kami tempatkan empat bergodo, sementara di zona enam dua orang, sementara satu lagi berkeliling," ujarnya.

Advertisement

Sebelumnya para bergodo itu memang telah dibekali dengan sejumlah materi untuk melayani para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Malioboro. Seperti kebudayaan, kepariwisataan, sikap, dan juga filosofi bergodo rakyat.

"Misalnya mengenai gestur tubuh atau bagaimana saat menyapa wisatawan, itu sudah dibekali semua," kata Kurniawan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tarif Ojek Online Akan Ditentukan Gubernur, Begini Tanggapan Ojol

News
| Rabu, 30 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement