Advertisement

Minim Siswa, Ini Jumlah Sekolah di Gunungkidul yang Digabung hingga Tahun Depan

David Kurniawan
Kamis, 16 Juni 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Minim Siswa, Ini Jumlah Sekolah di Gunungkidul yang Digabung hingga Tahun Depan Ilustrasi kegiatan siswa di kelas. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Pendidikan Gunungkidul menargetkan hingga tahun depan ada 15 sekolah dasar (SD) yang digabung. Penggabungan dilakukan karena jumlah siswa kurang dari 20 murid di setiap kelasnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Winarno mengatakan PPDB SD sudah selesai dan tinggal diumumkan hasilnya. Menurut dia, akan ada banyak sekolah yang kekurangan murid.

Hal ini tak lepas dari jumlah kursi yang tersedia lebih banyak. Menurut Winarno, kuota siswa baru untuk SD ada sekitar 14.000 anak. Meski demikian, jumlah lulusan TK di tahun ajaran 2021-20222 hanya di kisaran 7.500 anak.

“Untuk kepastian jumlah SD yang kekurangan mungkin besok. Yang jelas, pasti ada yang kekurangan karena kursinya lebih banyak daripada jumlah siswa yang akan masuk,” kata Winarno, Kamis (16/6/2022).

BACA JUGA: PMK Merebak! Separuh Populasi Sapi Gunungkidul Bakal Divaksin

Menurut dia, untuk efektivitas dalam pembelajaran sudah merencanakan penggabungan sekolah. Ditargetkan hingga 2023 ada 15 SD yang digabung dengan sekolah lain. Meski demikian, pelaksanaan tidak bisa serta merta karena butuh sosialisasi ke masyarakat

“Salah satunya SD Negeri 2 Tepus dan SK bupati tentang regrouping sudah ada. Untuk sekolah lain, saya kurang hafal lokasinya di mana saja,” katanya.

Winarno menambahkan, penggabungan dilakukan karena jumlah satuan rombongan belajar di satu kelas tidak terpenuhi. Pasalnya, sesuai aturan satu kelas minimal berisi 20 anak.

“Sudah dipetakan, tapi untuk pelaksanaan terus dilakukan sosialiasi ke masyarakat. tujuannya, agar pelaksanaan pembelajaran bisa lebih efektif,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musim Liburan, Begini Kondisi Kasus Covid-19 di DIY

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement