Advertisement

Minim Siswa, Ini Jumlah Sekolah di Gunungkidul yang Digabung hingga Tahun Depan

David Kurniawan
Kamis, 16 Juni 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Minim Siswa, Ini Jumlah Sekolah di Gunungkidul yang Digabung hingga Tahun Depan  Ilustrasi kegiatan siswa di kelas. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Pendidikan Gunungkidul menargetkan hingga tahun depan ada 15 sekolah dasar (SD) yang digabung. Penggabungan dilakukan karena jumlah siswa kurang dari 20 murid di setiap kelasnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Winarno mengatakan PPDB SD sudah selesai dan tinggal diumumkan hasilnya. Menurut dia, akan ada banyak sekolah yang kekurangan murid.

Advertisement

Hal ini tak lepas dari jumlah kursi yang tersedia lebih banyak. Menurut Winarno, kuota siswa baru untuk SD ada sekitar 14.000 anak. Meski demikian, jumlah lulusan TK di tahun ajaran 2021-20222 hanya di kisaran 7.500 anak.

“Untuk kepastian jumlah SD yang kekurangan mungkin besok. Yang jelas, pasti ada yang kekurangan karena kursinya lebih banyak daripada jumlah siswa yang akan masuk,” kata Winarno, Kamis (16/6/2022).

BACA JUGA: PMK Merebak! Separuh Populasi Sapi Gunungkidul Bakal Divaksin

Menurut dia, untuk efektivitas dalam pembelajaran sudah merencanakan penggabungan sekolah. Ditargetkan hingga 2023 ada 15 SD yang digabung dengan sekolah lain. Meski demikian, pelaksanaan tidak bisa serta merta karena butuh sosialisasi ke masyarakat

“Salah satunya SD Negeri 2 Tepus dan SK bupati tentang regrouping sudah ada. Untuk sekolah lain, saya kurang hafal lokasinya di mana saja,” katanya.

Winarno menambahkan, penggabungan dilakukan karena jumlah satuan rombongan belajar di satu kelas tidak terpenuhi. Pasalnya, sesuai aturan satu kelas minimal berisi 20 anak.

“Sudah dipetakan, tapi untuk pelaksanaan terus dilakukan sosialiasi ke masyarakat. tujuannya, agar pelaksanaan pembelajaran bisa lebih efektif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement