Advertisement

Positif Covid-19, Keberangkatan 2 Calon Haji Sleman Tertunda

Anisatul Umah
Senin, 20 Juni 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Positif Covid-19, Keberangkatan 2 Calon Haji Sleman Tertunda Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Keberangkatan dua calon haji asal Kabupaten Sleman ke Tanah Suci tertunda lantaran mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya kini masih menjalani masa karantina.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Sleman, Solikhan Amin mengatakan tidak ada jemaah calon haji yang batal berangkat. Hanya saja tertunda akibat positif Covid-19 dan juga sakit lainnya.

"Total yang tertunda diterbangkan dari 554 ada delapan orang. Ada enam orang karena hasil PCR positif, yang sakit ada dua," kata dia kepada Harianjogja.com, Senin (20/6/2022).

BACA JUGA: Banyak Orang Tua Curangi PPDB, Disdik Sleman: Tak Sulit Mendeteksinya

Dari total delapan calon haji itu, saat ini masih ada dua jamaah yang dikarantina. Keduanya sudah menjalani tes swab pada Senin pagi. "Jika hasilnya negatif besok pagi akan kami kirim ke Embarkasi Solo, jika masih positif tetap karantina," jelasnya.

Sementara kedua orang calon haji yang sakit adalah menderita sakit mata. Menurutnya kloter terakhir pemberangkatan haji masih bulan depan tepatnya di 2 Juli 2022 pukul 06.00 WIB sementara kepulangan jamaah haji akan dimulai pada 29 Juli 2022. "Kalau untuk karantina, tergantung dari Dinas Kesehatan, kapan mau swab lagi," lanjutnya.

Adapun soal penundaan keberangkatan calon haji, kata dia, sepenuhnya menjadi kewenangan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi dan pemerintah Arab Saudi.

Untuk ibadah haji tahun ini, salah satu syarat keberangkatan adalah usia jamaah di bawah 65 tahun, sesuai ketetapan pemerintah Arab Saudi. Akibat aturan ini puluhan calon jamaah dari Sleman belum berkesempatan berangkat tahun ini. "Ada 32 jamaah yang terganjal usia," ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPATK Blokir 60 Rekening ACT, Begini Respons Presiden Ibnu Khajar

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement