Advertisement

6 Bulan, OJK DIY Terima Belasan Laporan Pinjol Ilegal

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 21 Juni 2022 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
6 Bulan, OJK DIY Terima Belasan Laporan Pinjol Ilegal Suasana kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di Padukuhan Samirono, Kalurahan Caturtunggal, kapanewon Depok, Kamis (14/10) malam. - Harian Jogja - Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY menerima belasan aduan pinjaman online ilegal selama Januari-April 2022. Belasan kasus yang diadukan cukup beragam.

“Berdasarkan rekapitulasi data pengaduan terkait pinjaman online [ilegal] yang kami terima, dari Januari 2022 sampai dengan April 2022 terdapat 13 orang pelapor pinjaman online ilegal dengan 31 nama platform yang dilaporkan,” ucap Kepala OJK DIY, Parjiman, Selasa (21/6/2022).

BACA JUGA: Minim Pendaftar, SDN Nolobangsan Gratiskan Seragam Olahraga

Sepanjang 2021, terdapat 46 pelapor terkait pinjaman online ilegal dengan total jumlah platform pinjaman online yang diadukan sebanyak 96.

Kasus yang diadukan relatif beragam, antara lain pencairan pinjaman ke rekening pelapor tanpa adanya pengajuan dari pelapor serta informasi jangka waktu pinjaman yang tidak sesuai dengan yang dicantumkan pada platform atau berubah jangka waktunya menjadi lebih pendek, saat diakses.

“Mengakses satu pinjol, namun di dalamnya terdapat beberapa pinjaman online yang kemudian semuanya mencairkan dana pinjaman. Mengakses kontak di handphone, penagihan dengan cara yang kasar dan intimidasi,” ucap Parjiman.

Parjiman mengungkapkan apabila sudah telanjur pinjam di pinjol ilegal, semua orang sebaiknya melaporkan ke Satgas Waspada Investasi (SWI) melalui email [email protected]. Apabila sudah jatuh tempo dan tidak mampu bayar, sebaiknya hentikan upaya mencari pinjaman baru untuk membayar utang lama.

Apabila sudah mendapatkan penagihan tidak beretika seperti teror, intimidasi, pelecehan, peminjam harus blokir semua nomor kontak yang mengirim teror.

BACA JUGA: Digelar di Candi Prambanan, Pesta Paduan Suara Gerejawi Jadi Simbol Kerukunan Umat Beragama

“Beritahu ke seluruh kontak di HP bahwa apabila mendapatkan pesan tentang pinjol agar diabaikan. Segera lapor ke polisi, dan lampirkan laporan polisi ke kontak penagih yang masih muncul,” kata Parjiman.

Advertisement

Masyarakat yang ingin mengadukan terkait permasalahan pinjaman online ilegal dapat menghubungi Hotline Pengaduan Pinjaman Online Ilegal dari Polri, Whatsapp 081210019202. Media Sosial Instagram @Satgas_Pinjol_Ilegal.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement