Advertisement

Menteri BUMN Erick Thohir Ingin Bandara YIA Jadi Etalase Kebudayaan

Catur Dwi Janati
Rabu, 22 Juni 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Menteri BUMN Erick Thohir Ingin Bandara YIA Jadi Etalase Kebudayaan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menghadiri kegiatan budaya di YIA pada Rabu (22/6/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong bandara di Indonesia, termasuk Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, menjadi etalase kebudayaan. Sudah digelar di sejumlah bandara, festival budaya di bandara diharapkan dapat memberi ruang bagi seniman dan budayawan serta membuka lapangan pekerjaan.

Menurut Erick, ide BUMN merajut kebudayaan telah diinisiasi sebelum Covid-19. Sayangnya agenda ini harus terhenti karena pandemi. Namun, seiring kebangkitan wisatawan, Erick meminta agenda-agenda kebudayaan di bandara kembali diadakan.

Advertisement

BACA JUGA: Desain Tol Jogja dari dari Maguwo hingga Tirtoadi Berubah, Ini Penjelasan Pemda

“Alhamdulilah ketika saya lihat di Bali, begitu para wisatawan sudah mulai kembali 70 persen, di Jakarta juga mulai kembali 70 persen dan di Jogja Ini sudah mulai kembali 60 persen, saya meminta para pengelola airport yang kebetulan di bawah BUMN untuk mengaktifkan kembali festival budaya. Supaya ide awal bahwa airport ini menjadi etalase kebudayaan kita, ini bisa kembali berjalan lagi,” tutur di YIA, Rabu (22/6/2022).

Di area dropzone kedatangan YIA, Erick disambut berbagai tari kesenian dan budayawan. Erick juga sempat mendengarkan langsung masukan para budayawan yang hadir di YIA. 

Menurut Erick, festival kebudayaan di bandara dapat digelar dua kali dalam sepekan. Selain memberi ruang para seniman dan budayawan, festival budaya juga dapat membuka lapangan pekerjaan.

Walaupun festival yang digelar bukan besar-besaran, menurut Erick paling tidak kegiatan ini dapat terus menghidupkan budaya lokal setempat. Di sisi lain, ia berpandangan festival budaya di bandara juga menjadi bagian dari upaya menjaga budaya agar jangan sampai hilang.

“Berdasarkan riset, banyak sekali sekarang bahasa bahasa daerah di Indonesia mulai hilang, karena generasi mudanya tidak belajar lagi. Di sini kami coba maksimalkan airport menjadi festival budaya,” kata dia.

Erick mengharapkan komunitas-komunitas yang selama ini terdampak Covid-19, ekonominya dapat kembali lagi dan pembukaan lapangan kerja terasa lagi. Sejauh ini program festival kebudayaan di bandara ini telah berjalan di Bali, Jakarta dan Jogja.

BACA JUGA: Mahathir Mohamad Sebut Singapura dan Kepulauan Riau Milik Malaysia, Begini Pernyataannya

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menyampaikan sejumlah pagelaran budaya telah dihelat di YIA pada akhir pekan. Para penampil diambil dari berbagai desa di DIY secara bergiliran. “Setiap Sabtu - Minggu ini secara rutin dari 72 desa di DIY itu bergiliran, menampilkan budayanya masing-masing. Kami ingin membuat bandara ini bisa menjadi etalase kebudayaan. Apalagi Jogja kota budaya,” ucap dia

“Jadi ini menjadi panggungnya para seniman, tidak hanya tari menari tetapi juga lukisan, batik, patung akan mendapatkan tempat khusus.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement