Advertisement

Cegah Serangan Monyet, 1.000 Bibit Jambu Biji Ditanam di Ponjong Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 23 Juni 2022 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Cegah Serangan Monyet, 1.000 Bibit Jambu Biji Ditanam di Ponjong Gunungkidul Ilustrasi monyet - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul Sunaryanta menerima bantuan 1.000 bibit jambu biji. Rencananya pohon-pohon ini ditanam di kawasan Gunung Butuhan, Kalurahan Genjahan, Ponjong, untuk mengurangi ancaman serangan monyet ekor panjang.

Bibit-bibit ini adalah bantuan dari program CSR dari Bank Central Asia (BCA). “Kami ucapkan terima kasih karena bantuan benih ini akan sangat bermanfaat,” kata Sunaryanta, Kamis (23/6/2022).

BACA JUGA: SBMPTN 2022: UGM Dominan, Ini 10 Peserta dengan Nilai UTBK Tertinggi

Menurut dia, bibit ini akan ditanam di kawasan Gunung Butuhan di Genjahan karena di sekitarnya banyak populasi monyet ekor panjang. Selain untuk menjaga ekosistem, penanaman bibit jambu juga memberikan persediaan makanan untuk kawanan monyet sehingga tidak menyerang lahan pertanian warga.

Di kesempatan ini, Sunaryanta juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Salah satunya melalui program penghijauan untuk menjaga kelestarian alam di sekitar wilayah masing-masing.

“Jangan hanya ada lewat program CSR, tapi warga harus berpartisipasi aktif. Sebab, dampaknya juga akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri,” katanya.

Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mendukung penuh upaya penghijauan yang telah dilakukan. Menurut dia, program ini bisa memberikan banyak manfaat karena kondisi lingkungan akan lebih hijau.

BACA JUGA: KPK Dalami Proses Pengajuan Izin Apartemen oleh Perusahaan Diduga Penyuap Haryadi Suyuti

Selain itu, pohon jambu dapat mencegah atau mengurangi serangan kawanan monyet yang seringkali meresahkan petani. “Memang manfaatnya tidak sekarang, tapi kalau nanti berbuah maka bisa menjadi stok makanan untuk kawanan monyet yang ada di Gunung Butuhan,” katanya.

Menurut dia, manfaat lain dari program penghijauan juga mencegah terjadinya erosi. Tak hanya itu, pohon-pohon yang ada bisa menjadi sarana penyimpan cadangan air.  “Program penghijauan akan sangat berdampak terhadap cadangan air karena akar-akarnya menyimpan yang akan bermanfat pada keberlangsungan sumber air,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disdikbud Jateng Akan Kembalikan Hak Calon Peserta Didik yang Dirugikan

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement