Advertisement

Kaisar Jepang Beri Penghargaan ke Sultan HB X, Ini Kerja Sama DIY dan Jepang

Sunartono
Selasa, 28 Juni 2022 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Kaisar Jepang Beri Penghargaan ke Sultan HB X, Ini Kerja Sama DIY dan Jepang Gubernur DIY Sri Sultan HB X (kiri) menerima penghargaan dari Kaisar Jepang yang diserahkan oleh Dubes Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, di Jakarta, Selasa (28/6) malam. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan rasa terima kasih kepada Kaisar Jepang yang telah menganugerahkan bintang tanda jasa. Penghargaan itu merupakan kehormatan tidak hanya bagi diri pribadi, tetapi juga masyarakat DIY khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Diketahui, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menerima penghargaan Bintang Tanda Jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari Pemerintah Jepang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Begini Modus Korupsi Eks Dirut RSUD Wonosari yang Rugikan Negara Rp470 Juta

Sultan dinilai sebagai tokoh yang berkontribusi penting terhadap hubungan diplomatik Jepang dengan Indonesia. Penyerahan penghargaan itu dilakukan oleh Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi di Jakarta, Selasa (28/6/2022) malam.

Sultan berharap penghargaan ini semakin meningkatkan hubungan dan interaksi antar masyarakat di Jepang dan Indonesia, selaras dengan saling pengertian antara dua negara.

Menurutnya telah banyak kegiatan yang dilakukan sebagai implementasi dari kerja sama antara DIY dengan Jepang terutama di bidang seni budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata dan industri.

Kerja sama persahabatan antara provinsi (sister province) DIY dan Pemerintah Prefektur Kyoto telah terjalin sejak 1985 dan merupakan kerja sama antara pemerintah daerah di Indonesia dan pemerintah daerah di luar negeri yang pertama dan terlama.

"Pada 2020 lalu rencananya akan diselenggarakan peringatan 35 tahun kerja sama DIY–Kyoto di Jogja dan Kyoto, sekaligus program Sakura Science, yaitu pengiriman pelajar Jogja ke Kyoto. Namun urung dilaksanakan karena Pandemi Covid-19," ucap Sultan, Selasa.

Advertisement

Sri Sultan juga mengapresiasi Japan International Cooperation Agency (JICA) yang telah memberikan dukungan kepada Pemda DIY dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan, di antaranya pembangunan Sabo Dam Merapi dan kajian zonasi kawasan Candi Prambanan. Terbaru, JICA akan membantu Pemda DIY melakukan kajian awal kawasan aerotropolis Yogyakarta International Airport (YIA).

BACA JUGA: 

Dengan pengalaman, komitmen, dan perhatian yang baik terhadap isu sosial dan ekonomi sebagai dampak pengembangan suatu kawasan. Sri Sultan HB X optimistis JICA akan membantu DIY melakukan kajian kawasan aerotropolis, menuju kawasan YIA yang berkualitas dari sisi ekonomi, ekologi, dan sosial kemasyarakatan.

Advertisement

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Sumitomo Forestry yang telah melakukan proyek rehabilitasi Suaka Margasatwa Paliyan, Gunungkidul, sejak 2005 untuk melestarikan hutan dan ekosistem," katanya.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Abdul Kadir Jailani Kemenlu mengucapkan selamat kepada Sri Sultan HB X, atas dari Pemerintah Jepang. Pemerintah Pusat mengapresiasi dengan sangat terkait dengan kontribusi dan peran aktif DIY memperkuat kemitraan dengan Jepang.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

4 Negara di Asia Tenggara Akan Klaim Kebaya ke UNESCO, Kok Bisa?

News
| Sabtu, 26 November 2022, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement