Advertisement

Kasus DBD di Kota Jogja Melonjak Drastis, Ini Datanya

Triyo Handoko
Rabu, 06 Juli 2022 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Kasus DBD di Kota Jogja Melonjak Drastis, Ini Datanya Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jogja melonjak drastis pada tahun ini. Hingga Juni 2022, sudah ada 101 kasus dengan dua orang meninggal dunia.

Jumlah kasus tersebut melebihi total kasus pada 2021 yang hanya 93 dengan satu orang meninggal dunia.

BACA JUGA: 4 Orang Meninggal Dunia, Dinkes Bantul Waspadai Peningkatan DBD

Penambahan jumlah kasus DBD pada tahun ini terjadi setiap bulan. Misalnya pada Januari ada 41 kasus padahal Januari tahun lalu hanya delapan kasus, hanya pada bulan April ada penurunan kasus dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, yaitu sembilan kasus tahun ini dan 11 kasus tahun lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jogja Emma Rahmi Aryani mengatakan penyebab penambahan kasus belum diketahui. “Tapi sejak ada pembibitan nyamuk Wolbachia sebagai antipati nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan DBD pada 2019, kasus DBD menurun,” jelasnya, Rabu (6/7/2022).

Emma berharap ada pembibitan nyamuk Wolbachia untuk mengantisipasi DBD. “Pembibitan sejak 2019 itu lumayan ampuh menekan kasus DBD,” tuturnya.

Sementara ini langkah yang disiapkan untuk menanggulangi peningkatan jumlah kasus adalah meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dan sarana prasarana pendukung penanganan DBD.

“Kami sudah menambah alat tes DBD di setiap puskesmas agar deteksi dininya dapat maksimal sehingga penanganannya tepat,” jelas Emma.

BACA JUGA: Booster Jadi Syarat Perjalanan, Antrean Mengular di Sentra Vaksinasi Sleman

Selain itu, ia meminta masyarakat menjalankan program 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur apapun genangan yang berpotensi jadi tempat berkembangbiak nyamuk Aedes aegypti.

Advertisement

Kunci penanganan DBD, kata Emma, adalah pola hidup bersih dan sehat (PHBS). “Jadi untuk mengantisipasinya selain 3M, PHBS harus tetap dijaga,” ujar dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Catat! Ini Link Live Streaming Indonesia vs Vietnam di Final Piala AFF U-16

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement