Advertisement

Booster Jadi Syarat Perjalanan, DIY Tetap Diserbu Pelancong

Sunartono
Kamis, 07 Juli 2022 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Booster Jadi Syarat Perjalanan, DIY Tetap Diserbu Pelancong Ilustrasi objek wisata Tebing Breksi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Pariwisata (Dispar) DIY mencatat kunjungan wisatawan di berbagai destinasi wisata di DIY mencapai 596.164 orang untuk periode 10 hari. Adanya booster sebagai syarat perjalanan diperkirakan tidak menurunkan jumlah kunjungan.

Kepala Dispar DIY, Singgih Raharjo menjelaskan selama liburan sekolah dua pekan terakhir memang terjadi peningkatan pengunjung di berbagai destinasi wisata di DIY.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berdasarkan pendataan selama 10 hari sejak 24 Juni hingga 3 Juli, total ada 596.164 wisatawan di DIY. Jumlah itu terdiri atas Bantul sebanyak 205.667 pengunjung; Kota Jogja sebanyak 174.314 pengunjung; Gunungkidul ada 128.023 wisatawan; Sleman tercatat 67.551 pengunjung; dan Kulonprogo total ada 20.610 pengunjung.

"Memang terjadi kenaikan cukup tinggi jumlah wisatawan selama libur sekolah. Selain itu karena ada sejumlah event wisata di DIY sehingga turut memacu kenaikan," kata Singgih, Kamis (7/7/2022).

BACA JUGA: UPN Veteran Jogja Gelar Salat Iduladha Dua Kali

Sebelumnya, Dispar DIY telah berkoordinasi dengan para pengelola destinasi wisata agar tetap menyediakan fasilitas prokes. Mulai dari cuci tangan harus tersedia dan melakukan pengawasan terhadap pemakaian masker. Singgih mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke Jogja agar mematuhi prokes.

"Visiting Jogja tetap digalakkan terutama bagi wisatawan ini, kalau pengelola sudah tahu, tetapi dari sisi wisatawan perlu didorong untuk bisa pakai aplikasi ini karena terkoneksi dengan Peduli Lindungi," ujarnya.

Dia mengatakan kebijakan booster untuk syarat perjalanan kemungkinan tidak berdampak pada kunjungan wisatawan. Karena masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan booster.

Advertisement

"Tempat wisata memungkinkan membuka vaksinasi, seperti Kota Jogja belum lama ini melakukan layanan vaksinasi di Malioboro Gunungkidul juga. Saya kira sangat memungkinkan untuk dilakukan booster," ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Telah Temukan Penyebab Kematian Misterius Keluarga di Kalideres

News
| Senin, 05 Desember 2022, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement