Advertisement

Kalurahan di Semin Ini Kian Hijau, 5.000 Bibit Pohon Ditanam Serempak

David Kurniawan
Kamis, 07 Juli 2022 - 23:27 WIB
Arief Junianto
Kalurahan di Semin Ini Kian Hijau, 5.000 Bibit Pohon Ditanam Serempak Ilustrasi penanaman pohon. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Sedikitnya 5.000 bibit pohon ditanam di wilayah Kalurahan Bendung, Semin. Aksi penghijauan ini diharapkan bisa mengurangi gas emisi karbon.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan, gerakan menanam 5.000 bibit pohon terlaksana atas kerja sama dengan Yayasan Bakti Unggul Negeri dan PT Telkom Indonesia.

Advertisement

Rencananya bibit-bibit ini akan ditanam di lahan seluas lima hektare di Kalurahan Bendung. “Program penghijauan ini manfaatnya akan dirasakan di masa depan,” katanya, Kamis (7/7/2022).

BACA JUGA: Retribusi Wisata di Gunungkidul Diusulkan Beda per Destinasi

Menurut dia, acara penanaman bertema Tanam Sekarang untuk Masa Depan memiliki arti yang luas karena untuk melindungi ekosistem lingkungan. Namun, terpenting gerakan penghijauan ini juga sebagai upaya mengurangi emisi karbon karena pohon-pohon dapat menyerap gas karbon di udara.

“Sinergi dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan agar kesejahteraan dapat benar-benar diwujudkan,” katanya.

Perwakilan Yayasan Bakti Unggul Negeri, Eva Pitaloka mengatakan, 5.000 bibit pohon yang ditanam merupakan bantuan dari PT Telkom Indonesia. Untuk jenisnya, tidak hanya tanaman keras seperti mahoni dan akasia, tetapi ada juga tanaman buah seperti alpukat dan jambu kristal.

“Selain untuk penghijauan, tapi ada juga buahnya yang bisa dimanfaatkan,” katanya.

Dia menjelaskan, bibit tanaman produksi dan konservasi yang ditanam merupakan percontohan dalam rangka mendukung pengurangan emisi karbon. Adapun tujuannya melindungi lingkungan serta hasil dari pohon yang ditanam bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

General Manager PT Telkom area DIY, Agus Faisal mengatakan, penanaman pohon di Kalurahan Bendung merupakan bentuk komitmen untuk berpartisipasi dalam program penghijauan di Indonesia. Ia berharap pohon yang ditanam dijaga dan diawasi, sehingga tujuan konservasi lingkungan terlaksana dengan baik.

“Satu pohon mampu mengurangi kandungan karbondioksida 20 kilogram yang ada di udara. Jadi program ini akan bermanfaat untuk sosial dan ekonomi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement