Advertisement

Rayakan 100 Tahun Chairil Anwar, Gramedia Gelar Konser Puisi

Yosef Leon
Kamis, 14 Juli 2022 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Rayakan 100 Tahun Chairil Anwar, Gramedia Gelar Konser Puisi Ilustrasi. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Tahun ini penyair Chairil Anwar berusia seratus tahun. Sebagai penerbit buku Aku Ini Binatang Jalang, karya Chairil, Gramedia Pustaka Utama (GPU) mengadakan beberapa acara untuk mengenang sang penyair.

Sejumlah kegiatan yang sudah berlangsung adalah ziarah makam pada 28 April 2022 di TPU Karet Bivak dan menerbitkan sampul baru buku Aku Ini Binatang Jalang.

Peringatan 100 Tahun Chairil Anwar juga ditandai dengan digelarnya puisi konser di tiga kota termasuk Jogja. Acara ini menggabungkan baca puisi Charil dan musik yang diselenggarakan di Gramedia Sudirman, Kamis (14/7/2022).

BACA JUGA: UNISA Yogyakarta Milad ke-31, Rektor Paparkan Capaian Kerja

Dalam acara itu, sejumlah penyair dihadirkan, di antaranya Joko Pinurbo dan penyair muda Ni Made Purnama Sari. Selain itu hadir pula sastrawan asal Jogj, Eka Kurniawan.

Tak hanya itu, grup musik Melancholic Bitch juga tampil menggubah puisi Chairil Anwar menjadi sebuah lagu. Istimewanya, dalam acara itu, Evawani, putri Chairil juga hadir.

Dalam acara yang terbatas untuk 200 orang ini semua pembaca yang datang akan membaca satu puisi Chairil secara serempak.

“Dengan upaya ini semoga dunia perbukuan di Indonesia menemukan kembali gairahnya dan hidup 1000 tahun lagi,” jelas Andi Tarigan, General Manager GPU.

BACA JUGA: Pengamat: Perusahaan Penghasil Sampah Wajib Ikut Terlibat Penanganan Sampah di DIY

Mirna Yulistianti, editor sekaligus koordinator acara mengatakan, puisi konser ini lebih dari sekadar peringatan atas usia Chairil tapi juga untuk mengenang sumbangan penyair itu dan pengaruhnya untuk dunia puisi Indonesia di masa sekarang.

Advertisement

"Puisi Chairil terus dibacakan, terus dituliskan di kaos, mural, bak truk, media sosial, dan wahana lain. Ini menunjukkan puisinya memang tak lekang oleh zaman, sekaligus merupakan karya yang paling dirayakan oleh seluruh pembaca di Indonesia dari masa ke masa," ujarnya.

Tur Puisi Konser terakhir akan berlangsung di Gramedia Matraman Jakarta, bertepatan dengan hari lahir Chairil Anwar yaitu 26 Juli 2022. Sejumlah penulis dan band akan meramaikan acara ini. Beberapa di antaranya yakni Ratih Kumala, Cyntha Hariadi, Anya Rompas, dan Yoshi Fe.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement