Advertisement

Pendaftaran Bakal Calon Lurah di Bantul Ditutup, Ada 1 Kalurahan Bercalon Tunggal

Ujang Hasanudin
Senin, 18 Juli 2022 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Pendaftaran Bakal Calon Lurah di Bantul Ditutup, Ada 1 Kalurahan Bercalon Tunggal Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -- Pendaftaran bakal calon lurah sudah ditutup pada 15 Juli lalu. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Bantul sebagai penanggungjawab pemilihan lurah (pilur) serentak mencatat ada 80 bakal calon lurah yang mendaftar.

Dari total 21 kalurahan yang menggelar pilur serentak, ada satu kalurahan yang hanya memiliki satu bakal calon lurah, yakni Kalurahan Jagalan, Kapanewon Banguntapan. 

Sementara untuk jumlah tersebut bakal calon lurah terbanyak ada di Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon dan Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, yakni masing-masing tujuh orang. 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Dari 21 kalurahan yang menggelar pilur serentak tahun ini tercatat ada 80 bakal calon lurah yang mendaftar,” kata Kepala Bidang Pemerintah Kalurahan DPMK Bantul, Nanang Mujiyanto, Senin (18/7/2022).

BACA JUGA: Telkom Kembali Meraih Predikat Best of the Best pada AKHLAK Awards 2022

Untuk pendaftar yang lebih dari lima orang, kata Nanang, maka mekanismenya nanti ada seleksi dari pihak ketiga yang melibatkan perguruan tinggi. Sementara bakal calon yang hanya satu orang, maka ada perpanjangan waktu pendaftaran selama 20 hari terhitung sejak 18 Juli-12 Agustus mendatang.

Jika dalam masa perpanjangan tersebut masih belum ada lawannya atau masih satu orang bakal calon, maka pilur serentak di kalurahan tersebut ditunda sampai pilur serentak di waktu berikutnya atau 2024 mendatang yang terdekat.

“Saat ini panitia pemilihan lurah masih dalam proses verifikasi administrasi bakal calon lurah. Jadi ada kemungkinan bakal calon berkurang, seperti di Kalurahan Bangunharjo itu ada dua bakal calon yang persyaratanya belum lengkap,” ucap Nanang.

BACA JUGA: Pembangunan SPBU di Bantul Ditolak Warga

Advertisement

Lebih lanjut Nanang mengatakan dari 80 bakal calon lurah, ada yang suami-istri dan ada juga yang melawan saudara sendiri. Untuk suami istri sejauh ini tercatat ada di Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, dan Bangunharjo, Kapanewon Sewon. Sementara bakal calon yang melawan sepupu ada di Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro.

Sementara untuk bakal calon lurah petahanan tercatat ada 13 orang, di antaranya di Kalurahan Trirenggo, Kalurahan Seloharjo, dan Kalurahan Sidomulyo.

Ketua Panitia Pemilihan Lurah, Kalurahan Bangunharjo, Nova Kristianto mengatakan sebanyak tujuh bakal calon lurah mendaftar hingga batas akhir pendaftaran yakni pada 15 Juli lalu. Saat ini pihaknya baru melakukan proses verifikasi administrasi.

Advertisement

Dia masih memberikan waktu hingga 26 Juli bagi balon lurah yang belum melengkapi persyaratan administrasinya. Ketika semua bakal calon melengkapi persyaratan administrasi, maka dipastikan akan ada tahapan seleksi balon lurah yang akan digelar pada 28-30 Juli 2022.

“Tetapi bisa saja bakal calon lurah hanya lima ketika ada syarat administrasi belum dilengkapi hingga batas akhir pada 26 Juli 2022. Sehingga tidak perlu digelar seleksi melibatkan pihak ketiga. Yang jelas saat mendaftar sudah ada lima bakal calon yang syarat administrasinya sudah lengkap meski dalam tahapan verifikasi syarat administrasi tetap akan kita teliti kembali,” ujar Nova.

Nova memastikan saat tahapan verifikasi persyaratan administrasi juga akan cek keaslian persyaratan seperti ijazah agar tidak yang nantinya cacat hukum.

“Kami akan cek instansi terkait untuk memastikan persyaratan administrasi seperti ijazah benar-benar asli. Kalau palsu pasti akan kami coret langsung,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buron Tujuh Tahun, Pria Ini Tertangkap Saat Daftar Kerja di Kantor Polisi, Eh Gimana?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement