Advertisement

Turut Ramaikan Bantul Creative Expo 2022, DPMPTSP Bantul Buka Klinik OSS

Media Digital
Sabtu, 23 Juli 2022 - 05:07 WIB
Arief Junianto
Turut Ramaikan Bantul Creative Expo 2022, DPMPTSP Bantul Buka Klinik OSS Salah satu pengunjung Klinik OSS menerima hadiah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -- Pemkab Bantul menggelar Bantul Creative Expo 2022. Pameran pembangunan dan produk kreatif unggulan organisasi perangkat daerah (OPD), kapanewon, kalurahan, BUMN, BUMD dan pelaku UKM/IKM Kreatif ini menjadi momentum kebangkitan bersama untuk segera keluar dari pandemi Covid-19, dan juga momentum kebangkitan ekonomi, pariwisata dan budaya.

Bantul Creative Expo 2022 digelar di Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Bantul selama lima hari mulai 21-25 Juli 2022.

Advertisement

Pameran produk kreatif tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Jadi ke-191 Bantul yang mengangkat tema Bantul Creative Expo Road to Bantul City of Crafts and Folk Art, merupakan salah satu wujud upaya dalam memajukan produk UMKM dengan pendayagunaan potensi lokal untuk peningkatan kreativitas, inovasi, dan promosi baik tingkat regional, nasional dan internasional, yang dibuka oleh Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih didampingi Wakil Bupati Bantul, Joko B.Purnomo.

Bantul Creative Expo 2022 bisa dimanfaatkan pelaku usaha sebagai sarana promosi bagi produknya, utamanya bagi UMKM, yang merupakan salah satu sektor ekonomi yang dapat bertahan hidup di tengah berbagai gempuran krisis.

BACA JUGA: Dapat KUR dari Bank BPD DIY, Batik Sekar Arum Kini Eksis dengan Motif Klasik & Pewarna Alam

Selain itu Pemkab Bantul juga berkomitmen mengembangkan potensi industri kreatif di Kabupaten Bantul, salah satunya dengan berupaya memasukkan Bantul kedalam jejaring Kota Kreatif Dunia atau City of Craft And Folk Art versi UNESCO.

Dikutip dari rilisnya, Jumat (22/7/2022), sebagai salah satu OPD yang juga berkomitmen terhadap pengembangan UMKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bantul turut berpartisipasi dalam Bantul Creative Expo 2022 dengan mengangkat sub tema UMKM Partner for Legality.

Berada di stan nomor 1–2 Bantul Creative Expo 2022, DPMPTSP Bantul menghadirkan Klinik OSS yang akan memberikan Pelayanan dan Konsultasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko serta Konsultasi Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) bagi pelaku usaha.

Dalam Klinik OSS, DPMPTSP Bantul menghadirkan Duta Investasi. Duta ini bertugas memberikan informasi perizinan berusaha dalam pameran ini.

Hal ini dibuat dalam rangka mendorong masyarakat agar sadar akan pentingnya perizinan, mensosialisasikan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan LKPM untuk meningkatkan nilai realisasi investasi di Kabupaten Bantul.

Selain itu, pada stan DPMPTSP ditampilkan pula beragam potensi dan peluang investasi di Bantul dalam bentuk video tentang potensi investasi di Bantul. Selain itu, pengunjung juga akan diberikan booklet potensi dan peluang Investasi, leaflet tentang perizinan berusaha berbasis risiko.

DPMPTSP Bantul juga menampilkan produk dari sejumlah UMKM yang telah memiliki ijin usaha (Nomor Induk Berusaha/NIB), Mulfa Collection (Fashion and Craft), Mustika Indah Keramik (Gerabah) dan Wayang Alusan dari Kerajinan Wayang Kulit.

Pada kesempatan tersebut pula diselenggarakan Lomba Foto Selfie yang terbuka untuk umum. Untuk informasi lengkap mengenai lomba itu, DPMPTSP Bantul sudah mengunggahnya di akun Instagram @ dpmptsp.bantul.

Selain itu bagi pengunjung yang mengisi Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) pada laman skm.bantulkab.go.id, DPMPTSP Bantul juga akan diberikan hadiah menarik. Pengundian hadiah akan dilaksanakan pada Minggu (24/7) pukul 16.00 WIB. Sementara pengumuman pemenang akan disampaikan melalui web dan akun media sosial DPMPTSP Bantul baik itu Instagram, Facebook, maupun Whatsapp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Klaten Tetap Tolak Jalan Tol Lingkar Luar Solo

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement