Advertisement

Green Campus Community UAD Inisiasi Pengelolaan e-Waste di Kampus

Media Digital
Minggu, 24 Juli 2022 - 06:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Green Campus Community UAD Inisiasi Pengelolaan e-Waste di Kampus Green Campus Community (GCC) Universitas Ahmad Dahlan yang diketuai oleh Dwi Herdila Cahyani P melalui event UAD Fair 2022 memanfaatkan fasilitas pameran untuk membuka pengumpulan sampah elektronik di stand UAD Fair 2022. - Ist

Advertisement

JOGJA-Sampah elektronik atau dikenal dengan electronic waste (e-waste) bisa berbahaya jika tidak dikelola dengan tepat. Sampah jenis ini bisa mengandung zat seperti merkuri, mangan, timbal, lithium, dan kadmium yang berbahaya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, e-waste yang dihasilkan rumah tangga di Indonesia sekitar 2 juta ton sepanjang 2021. Oleh karenanya, Green Campus Community (GCC) Universitas Ahmad Dahlan yang diketuai oleh Dwi Herdila Cahyani P melalui event UAD Fair 2022 memanfaatkan fasilitas pameran untuk membuka pengumpulan sampah elektronik di stand UAD Fair 2022. Pameran atau bazar ini diselenggarakan pada tanggal 18 - 20 Juli 2022.

Advertisement

Dwi Herdila mengatakan jenis sampah elektronik yang diterima oleh GCC UAD di antaranya House Appliances (HA), Consumer Electronics (CE), Electric Equipment (EE), dan Information Communication Technology (ICT) dan Electric Equipment: Battery (EEb).Sampai di hariterakhir event UAD Fair 2022, sudah terkumpul sampah elektronik sebanyak 1 box kardus penuh.

Sampah elektronik yang telah dikumpulkan akan disalurkan kepada Ewaste RJ yaitu komunitas yang berfokus pada isu pengelolaan sampah elektronik. Harapannya pengumpulan e-waste ini akan berlanjut sehingga civitas akademika UAD tidak kesusahan dalam membuang e-wastenya dan tidak langsung dibuang ke tempat sampah begitu saja. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement