Advertisement

UMY Latih 90 Calon Asesor Kompetensi

Lugas Subarkah
Kamis, 04 Agustus 2022 - 07:47 WIB
Sirojul Khafid
UMY Latih 90 Calon Asesor Kompetensi Gedung UMY - UMY.ac.id

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebagai upaya memberikan sertifikasi kompetensi yang baik, Lembaga Sertifikasi (LSP) UMY menggelar Pelatihan Asesor Kompetensi Angkatan I. Pelatihan tersebut digelar selama lima hari, mulai Senin hingga Jumat (1-5/8/2022).

Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang sekaligus menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut, Miftakul Azis, mengatakan Indonesia memiliki keuntungan dan tantangan tersendiri dari sisi demografis. Tantangan bonus demografi tersebut harus dihadapi dengan baik melalui serangkaian kebijakan pemerintah dalam sertifikasi kompetensi.

“Hal ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 68/2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, guna penyelarasan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja,” ujarnya.

Keberadaan asesor kompetensi merupakan bagian penting dalam infrastruktur sertifikasi kompetensi. Untuk itulah tetap diperlukan pelatihan bagi calon asesor kompetensi, agar dapat memberikan sertifikasi kompetensi yang baik.

BACA JUGA: Konferensi Internasional UMY: Improvisasi Harus Dilakukan untuk Memelihara Sumber Daya Manusia

Direktur LSP UMY, Filosa Gita Sukmono, mengatakan pelatihan asesor yang digelar oleh LSP UMY ini melibatkan 90 calon asesor kompetensi. “Meskipun baru berusia dua tahun, LSP UMY telah berhasil mendapatkan lisensi untuk 38 skema kompetensi dari BNSP [Badan Nasional Sertifikasi Profesi],” katanya.

Keberadaan LSP UMY yang telah terlisensi BNSP juga menunjukan keseriusan UMY dalam menjamin lulusan dalam kerangka Outcome Based Education (OBE).

BACA JUGA: Universitas Top di Jogja ini Butuh Puluhan Dosen, Gajinya Sangat Kompetitif

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Uang Baru Diluncurkan, Ganjar Terima Duit dengan Nomor Cantik

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement