Advertisement

KKN-T UAA KELOMPOK 03 Bersihkan Lahan Kosong dan Budidaya Toga

Media Digital
Kamis, 04 Agustus 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
KKN-T UAA KELOMPOK 03 Bersihkan Lahan Kosong dan Budidaya Toga KKN-T Universitas Alma Ata (UAA) kelompok 03 melakukan pembersihan lahan dan menanam boga di Kentolan Kidol kecamatan Guwosari, Bantul. - Ist

Advertisement

JOGJA-Pembersihan lahan kosong sekaligus budidaya toga (tanaman obat keluarga) KKN-T Universitas Alma Ata (UAA) kelompok 03 di Kentolan Kidol bertempat di halaman samping rumah M.Fakhturrohman selaku Kepala Dukuh Kentolan Kidul. Selama kegiatan berlangsung dihadiri para ibu-ibu kader dari RT 01 hingga RT 04 Kentolan Kidol kecamatan Guwosari, Bantul.

Kegiatan diawali dari pembersihan lahan kosong yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Juli 2022 jam 08.00 kemudian di lanjutkan pada hari Jum'at tanggal 17 Juli 2022 jam 09.00 untuk budidaya toga (tanaman obat keluarga)

Kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan lahan kosong dan melestarikan budaya tanaman obat. Selain itu juga sebagai penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya toga di sekitar rumah, sekaligus dapat dijadikan obat jika diperlukan sewaktu-waktu.

Pembersihan lahan kosong dilakukan dengan pembersihan pepohonan yang sudah tidak gunakan lagi. Dilanjutkan dengan menyingkirkan ranting dan kayu yang sudah tidak digunakan kemudian pembersih rumput menggunakan pisau bergagang yang bentuknya melengkung dan cangkul, dilanjutkan membuat lahan pertanian menggunakan cangkul. Tugas di bagi dua kelompok yaitu kelompok pertama membuat gundukan hingga beberapa baris sedangkan kelompok kedua mengisi polybag ukuran 20 x 25 cm sebanyak 50 polybag.

Tanaman obat keluarga yang ditanam yaitu jahe dan kunyit. Jahe memiliki berbagai manfaat bagi tubuh yaitu sebagai daya tahan tubuh, mengurangi mual muntah, serta dapat menurunkan kadar gula darah. Kunyit berkhasiat mengurangi nyeri perut, menjaga kesehatan jantung, dapat juga digunakan untuk mempelancar menstruasi. Selain menanam toga juga menanam sayuran seperti cabe, tomat dan terong untuk mengasikkan makanan lebih sehat, menghemat pengeluaran uang, mendukung aktivitas fisik disekitar rumah.

“Kami berharap dengan adanya program pemanfaatan lahan kosong ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemanfaatan lahan serta penambahan bahan obat di sekitar halaman rumah. Diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut dan dapat menarik minat warga di Pedukuhan Kentolan Kidul, Desa Guwosari Pajangan, Bantul untuk melakukan pengembangan program yang lebih baik lagi,” ujar Sintha Dewi Purnamasari, S.Gz., MS selaku dosen Pembimbing Lapangan kelompok KKN-T 03 kentolan Kidul.*

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Uang Baru Diluncurkan, Ganjar Terima Duit dengan Nomor Cantik

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement