Advertisement

KPU Sleman Terima Konsultasi 2 Partai, Salah Satunya Demokrat

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
KPU Sleman Terima Konsultasi 2 Partai, Salah Satunya Demokrat Ilustrasi Partai Demokrat. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejak dibuka layanan helpdesk untuk memfasilitasi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman baru menerima dua parpol untuk konsultasi.

Ketua Divisi Hukum KPU Sleman Ahmad Baihaqi menyatakan selain menanyakan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu, ada juga parpol yang menyerahkan daftar pengurus yang baru. "Seperti Partai Demokrat, selain konsultasi soal tahapan pelaksanaan Pemilu juga menyerahkan daftar pengurus yang baru," ujar Baihaqi di kantor KPU, Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan Baihaqi, helpdesk tersebut aktif per 1 Agustus 2022 lalu. Ada dua ruang lingkup fasilitasi tim helpdesk satu tim melayani konsultasi hal-hal terkait pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu kepada parpol calon peserta pemilu dan tim lainnya melayani konsultasi dan fasilitasi penggunaan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Saat ini, di Sleman sendiri selain 16 parpol yang sudah ikut pemilu 2019 dari jumlah tersebut lima parpol baru yang ada di data Kesbangpol Kabupaten Sleman. "Kami sampaikan setiap tahapan pelaksanaan Pemilu sesuai PKPU 3/2022 ini bagian dari sosialisasi peraturan tersebut," katanya.

Baca juga: Bawaslu Bantul Awasi Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

Ketua DPC Demokrat Sleman Retno Widiyaningsih mengatakan sebagai pengurus baru DPC Demokrat di Sleman selain menyerahkan daftar pengurus ke KPU juga berkonsultasi terkait tahapan-tahapan Pemilu. "Daftar pengurus baru sudah kami serahkan, tinggal mensolidkan dan menggerakkan mesin partai, harus bergerak cepat," katanya.

Dia menjelaskan, DPC Demokrat menargetkan satu kursi agar Demokrat memiliki fraksi sendiri di Dewan. Untuk meraih target tersebut, beberapa strategi sudah disiapkan oleh pengurus. Salah satunya dengan membuka pendaftaran calon anggota legislatif dari seluruh lapisan masyarakat. "Kami mulai membuka pendaftaran bagi masyarakat yang akan menjadi anggota legislatif dari Demokrat. Pendaftaran dimulai pekan depan," katanya. 

Pihaknya, lanjut Retno, akan memilih calon-calon legislatif (caleg) yang potensial dan dikenal masyarakat. "Kami mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk mau bergabung dengan Demokrat. Kami juga akan sering terjun ke masyarakat untuk bisa mendulang suara," ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Istri di China Menuntut Selingkuhan Suaminya Senilai Rp8,2 Miliar

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement