Advertisement

Gawat! Kesadaran Masyarakat Jogja Ikut Vaksin Mulai Turun

Sunartono
Rabu, 10 Agustus 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gawat! Kesadaran Masyarakat Jogja Ikut Vaksin Mulai Turun Sejumlah warga mengantre pelaksanaan vaksinasi di salah satu sentra vaksinasi. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dosis ketiga mulai menurun seiring meredanya kasus Covid-19 di DIY. Meski demikian sentra vaksinasi terus dibuka dan memberikan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan booster pertama.

Pada Rabu (10/8/2022) salah satu sentra yang dibuka melalui kerja sama Binda DIY dan Dinkes adalah Klinik Pratama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Di sentra ini jumlah antrean tidak terlalu panjang, sehingga masyarakat yang akan booster dengan cepat bisa dilayani.

Petugas Vaksinasi Binda DIY Rudi Kurniawan mengatakan berdasarkan pengamatannya memang tren penurunan kesadaran masyarakat mengikuti vaksinasi dosis ketiga. Ia mencatat kenaikan signifikan sempat terjadi selama dua pekan setelah kebijakan perjalanan menggunakan pesawat dan kereta api harus sudah dosis ketiga. Setelah itu mulai berangsur menurun.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Tetapi kami tetap memberikan layanan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Seperti hari ini kami sebenarnya menargetkan ada 500 orang yang mengikuti," katanya, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Capaian Vaksinasi Booster Jogja Diklaim Terbaik Se-Indonesia, Segini Angkanya

Penyebab kesadaran Vaksinasi menurun ini kemungkinan karena masyarakat sudah mulai abai dengan kondisi seiring menurunnya kasus Covid-19. Selain itu masyarakat melakukan booster semata-mata hanya karena untuk kebutuhan perjalanan. Sedangkan untuk masuk ke event atau tempat publik yang berkerumun tidak terlalu ketat diberlakukan.

"Memang meningkatkan kesadaran itu tidak mudah dan harus ada semacam penekanan lewat kebijakan. Dalam berbagai kesempatan kami selalu mengimbau masyarakat untuk vaksinasi," ucapnya

Kabag Humas Biro Umum Humas Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan capaian booster pertama di DIY di angka 39,21% atau 1,12 juta orang per 9 Agustus 2022. Terdiri atas remaja 7,08% (22.047), umum 40,03% (691.142), lansia 35,33% (167.520), pelayan publik 58,76% (196.695) dan tenaga kesehatan sebanyak 153,4% (51.846).

"Layanan vaksinasi ini bisa diakses seluruh masyarakat di setiap sentra. Kami imbau agar masyarakat yang belum booster pertama bisa memanfaatkannya," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement