Advertisement

Gunungkidul Mulai Data Calon Penerima STB untuk Siaran TV Digital

David Kurniawan
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:47 WIB
Budi Cahyana
Gunungkidul Mulai Data Calon Penerima STB untuk Siaran TV Digital Ilustrasi anak menyimak pembelajaran yang disiarkan melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI). - Antara/Saiful Bahri

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pemkab Gunungkidul mulai mendata warga calon penerima bantuan set top box (STB). Alat ini berfungsi menerima siaran TV digital yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Asar Janjang Riyanti, mengatakan pendataan terus dilakukan dengan melibatkan dengan kalurahan. Meski demikian, hingga sekarang belum semua kalurahan menyelesaikannya, karena data baru menyasar di 61 kalurahan yang siap menerima bantuan.

BACA JUGA: Danais Baru Cair Separuh, Pembangunan Lumbung Pangan Mataraman Baru Capai 50%

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Masih berproses dan diharapkan bisa segera selesai sehingga ada kepastian data calon penerima,” katanya, Jumat (12/8/2022).

Asar menjelaskan ada sejumlah indikator agar masyarakat bisa menerima bantuan STB. Salah satunya warga dari golongan tidak mampu serta lokasi tempat tinggalnya bisa mengakses siaran TV digital.

“Pastinya harus memiliki TV untuk menontotn siaran,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Wahyu Nugroho mengatakan sejak beberapa bulan lalu, Pemerintah Pusat sudah menggencarkan program migrasi siaran TV dari analog ke digital. Untuk menyukseskan program ini aka nada bantuan STB kepada masyarakat kurang mampu. “Ini masih dalam pendataan,” katanya.

Menurut dia, koordinasi dilakukan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

BACA JUGA: Berburu Kuliner di Sumbermulyo, Bantul? Ganjuran Food Court Saja

Advertisement

“Nanti kalau data calon penerima sudah ada diajukan ke Pusat. Setelah itu akan ditentukan berapa jumlah STB yang akan diberikan ke Gunungkidul,” kata Wahyu.

Meski belum diketahui berapa jumlah STB yang diberikan, Wahyu memperkirakan realisasi penyaluran bantuan mulai September hingga Oktober mendatang. “Tentunya ada persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya menyangkut kepastian data penerima yang dilengkapi dengan nama dan alamat. Jadi, kalau sudah ada tinggal menyalurkan sesuai dengan data yang dimiliki,” katanya. 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement