Advertisement

Kualitas UMKM di Sleman Didorong Penuhi Kapasitas Ekspor

Anisatul Umah
Minggu, 14 Agustus 2022 - 22:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kualitas UMKM di Sleman Didorong Penuhi Kapasitas Ekspor Kustini Sri Purnomo - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meresmikan pembangunan tahap pertama Factory Kitchen yang diinisiasi Aliansi Produk Nusantara Indonesia (Aproni). Peresmian dilakukan di Kalurahan Sindumartani, Kapanewon Ngemplak, Sabtu (13/8/2022).

Ketua DPP Aproni, Suci Kuntarsih mengatakan sebagai organisasi nirlaba Aproni fokus dalam melakukan pengembangan dan pembinaan UMKM di Indonesia agar bisa naik kelas. Diharapkan dengan adanya Factory Kitchen ini bisa membantu produk UMKM mengembangankan produknya menjadi kapasitas produk layak ekspor.

Advertisement

"Kedepannya semoga apa yang menjadi visi misi Aproni ini dapat didukung oleh pemerintah dalam meningkatkan perekonomian negeri," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman berkomitmen untuk mendukung pembangunan dan pengembangan UMKM di Sleman.

Baca juga: Mantap, Ratusan Produk UMKM DIY Kini Sudah Masuk Hotel Berbintang

Secara pribadi dan mewakili Pemkab Sleman Kustini menghaturkan terima kasih dan apresiasinya atas adanya Factory Kitchen. Diharapkan bisa mendorong pelaku UMKM di Sleman agar bisa meningkatkan kapasitasnya menjadi 'Go Export', memiliki daya saing tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.

"Jejaring positif antara Pemkab Sleman dan Aproni ini harus terus kita tingkatkan dalam mengembangkan UMKM di DIY khususnya di Kabupaten Sleman," jelasnya.

Dia meminta agar pelaku UMKM di Sleman bisa memanfaatkan Factory Kitchen dalam hal peningkatan kualitas UMKM-nya baik dalam hal pengolahan, produksi, pengemasan maupun pemasarannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, UMKM menjadi sektor unggulan di Sleman. Pada tahun ini Pemkab Sleman mengalokasikan anggaran pemberdayaan UMKM sebesar Rp4,7 miliar termasuk dana DAK, PUPM dan POKIR ASPIRASI.

Menurutnya, total UMKM di Sleman mencapai 90.267 UMKM dengan potensi produk diantaranya kuliner, kerajinan, craft dan fashion. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement