Advertisement

Tim Reactics Janaka UGM Jadi yang Terbaik di Malaysia Chem-E-Car Competition 2022

Anisatul Umah
Selasa, 16 Agustus 2022 - 07:37 WIB
Arief Junianto
Tim Reactics Janaka UGM Jadi yang Terbaik di Malaysia Chem-E-Car Competition 2022 Tim Reactics Chem-E-Car UGM berfoto bersama. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menorehkan prestasinya di kancah internasional. Kali ini diraih oleh Reactics Chem-E-Car yang berhasil meraih juara pertama dalam ajang IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022 yang digelar oleh Institution of Engineers Malaysia di UCSI University.  

IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022 sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi bergengsi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Institution of Engineers Malaysia (IEM) dengan memberikan tantangan kepada mahasiswa di dunia untuk membuat konsep mobil kimia yang sustainable dan ramah lingkungan dalam bentuk poster dan purwarupa.

Captain Tim Reactics Janaka, Yehezkiel Marco Natanael menceritakan peserta dari lomba ini berasal dari beberapa negara seperti Malaysia hingga Australia.

BACA JUGA: Penjual Rokok di Brontokusuman Jogja Tak Mau Layani Konsumen Anak-Anak

Terdapat peserta dari Institut Teknologi September, Monash University, University of Nottingham Malaysia, University of Malaya, hingga Taylor’s University.

"Tahun ini, UGM mengirim tim yang mewakili Indonesia berasal dari Reactics Chem-E- Car UGM, yaitu tim Reactics Janaka. Tim Reactics Janaka membuat rancangan mobil dan dipresentasikan pada tahap final," ucapnya, Senin (15/8/2022).

Dia menjelaskan beberapa tahapan dilalui dalam perlombaan ini hingga menjadi juara. Tahap pertama peserta menyuguhkan poster dan menjelaskan konsep dasar bagaimana mobil bisa bergerak, reaksi yang digunakan dalam mobil, sampai fitur yang dimiliki mobil.

Kemudian poster dikumpulkan dilengkapi dengan data teknikal pendukung. Dari seleksi tahap pertama, Tim Reactics Janaka terpilih menjadi 10 besar finalis dan berangkat ke Malaysia untuk melakukan presentasi di depan konferensi 19th Asian Pacific Confederation of Chemical Engineering (APCChE).

Dalam presentasinya di depan juri, Tim Reactics Janaka menekankan tiga aspek keunggulan. Di antaranya environment, safety, dan design effectiveness.

Marco menyebut hal yang menarik perhatian juri adalah strategi yang digunakan mobil tim Reactics Janaka melalui tantangan lomba dengan baik. "Kemenangan ini dapat diperoleh dengan bantuan dan dukungan dari seluruh tim Reactics Chem-E-Car UGM dan semua pihak yang terlibat," ucapnya.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkot Magelang Berikan Proteksi Praktik Dokter

News
| Jum'at, 30 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement