Advertisement

Lahan Tol Jogja Bawen Seksi 1 Ditambah, Segini Tambahan Luasannya

Abdul Hamied Razak
Kamis, 18 Agustus 2022 - 20:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Lahan Tol Jogja Bawen Seksi 1 Ditambah, Segini Tambahan Luasannya Gambaran pembangunan jalan tol jogja bawen di atas selokan mataram. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Kepastian luasan lahan tambahan untuk jalan tol Jogja-Bawen seksi 1 (Banyurejo-Tirtoadi) mulai menemui titik terang. Luas lahan yang dibutuhkan untuk kebutuhan konstruksi di sekitar Selokan Mataram sebesar 18,8 hektare. 

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen, Dwi Winarso mengatakan penambahan luas lahan di sekitar Selokan Mataram bertujuan agar proses konstruksi tidak mengganggu saluran irigasi yang ditetapkan sebagai cagar budaya.

"Supaya saluran Mataram sebagai cagar budaya tidak terganggu memang ada review desain dan dibutuhkan lahan tambahan sebesar 18,8 hektare," katanya seusai bertemu dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Kamis (18/8/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Tol Jogja Bawen Bersinggungan dengan Selokan Mataram, Ini yang Harus Diperhatikan

Penambahan luas lahan tersebut, lanjut Winarso, berdampak pada penambahan luas lahan yang belum dibebaskan. Jika sebelumnya pembebasan lahan jalan tol Jogja Bawen seksi 1 hanya menyisakan 8%, dengan penambahan lahan tersebut maka saat ini luas lahan yang belum dibebaskan bertambah menjadi 35%.

"Jadi lahan yang sudah dibebaskan baru 65 persen dan yang belum 35 persen terdiri dari tanah kas desa, tanah wakaf dan berkarakteristik lainnya. Ditambah adanya penambahan lahan di sekitar Selokan Mataram," katanya.

Meski luas lahan yang akan dibebaskan bertambah, Winarso optimistis target pembebasan lahan seksi 1 jalan tol Jogja-Bawen bisa dilaksanakan hingga akhir tahun ini. Saat ini, lanjutnya, koordinasi dengan pihak-pihak terkait pembebasan lahan tersebut terus dilakukan.

"Tidak ada kendala terkait masalah itu dan mudah-mudahan akhir tahun ini [pembebasan seluruh lahan] sudah selesai," harapnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement