Advertisement

Mayoritas Sumur Warga Tercemar E-Coli, Pemerintah Sebut Kualitas Air Tanah di Jogja Terus Memburuk

Yosef Leon
Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:07 WIB
Bhekti Suryani
Mayoritas Sumur Warga Tercemar E-Coli, Pemerintah Sebut Kualitas Air Tanah di Jogja Terus Memburuk Merti Kali Code. - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DIY menyebut mayoritas sumur warga di Kota Joja tercemar bakteri e-coli. Pemerintah juga menyebut, kualitas air tanah di Jogja kini terus memburuk.

Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja menyebutkan, mayoritas air sumur di wilayahnya tercemar bakteri e-coli. Hal ini disebabkan kondisi permukiman penduduk yang padat dan berdekatan dengan limbah rumah tangga, sehingga air sumur warga rentan terpapar bakteri e-coli.

Advertisement

Instansi penguji kualitas lingkungan yang berada di bawah DLH Jogja ini sebelumnya punya layanan uji kualitas air dengan memanfaatkan Laboratory Information Management System (LIMS). Warga bisa mengajukan permintaan kepada petugas untuk menguji kualitas air di wilayah masing-masing secara gratis. Lewat pengujian itu, UPT Laboratorium Lingkungan mendapati bahwa rata-rata air sumur warga tercemar dengan bakteri e-coli.

"Secara umum memang merata dan semua sumur di Jogja itu airnya terpapar bakteri e-coli. Karena memang kondisi permukimannya yang padat kemudian limbah pembuangan rumah tangga berdekatan dengan sumur," jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Hidup, DLH Kota Jogja, Sutomo, Jumat (19/8/2022).

Informasi yang dihimpun, bakteri e-coli atau escherichia coli adalah salah satu bakteri yang tergolong Coliform dan hidup secara normal di dalam kotoran manusia maupun hewan. Coliform merupakan indikator pencemaran air. Kuman-kuman penyakit terbawa ke dalam air minum biasanya melalui kontaminasi tinja, ataupun telah ada sebelumnya dalam air tanah.

BACA JUGA: Mahfud MD Klarifikasi soal “Menjijikkan” di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Menurut Sutomo, keberadaan bakteri itu pada air sumur tidak terlalu membahayakan asal diolah terlebih dahulu sebelum digunakan untuk keperluan konsumsi. Misalnya dengan dididihkan dengan derajat tertentu guna menghilangkan bakteri pada kandungan air. Namun ia menyebut, jika langsung dikonsumsi tanpa diolah air yang tercemar bakteri e-coli berpotensi menimbulkan berbagai penyakit.

"Tapi sekarang kan sudah jarang bahkan tidak ada warga yang memakai air sumur untuk diminum. Paling hanya keperluan untuk MCK [mandi, cuci, kakus] dan ini tidak terlalu berbahaya," katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan Hidup DLH Kota Jogja, Very Tri Jatmiko mengatakan bahwa, dari tahun ke tahun kualitas air tanah di Jogja terus menerus menurun. Sejak lima tahun terakhir temuan bakteri e-coli telah ada pada air sumur warga. Selain sumur, kondisi yang paling parah ada pada air sungai.

"Kalau sungai itu hampir semua sudah tercemar airnya dengan bakteri e-coli," kata Very.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement