Advertisement

Ungkap Jaringan Ganja Lintas Pulau, Polda DIY Temukan Ladang Ganja 7 Hektare di Aceh

Anisatul Umah
Senin, 22 Agustus 2022 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Ungkap Jaringan Ganja Lintas Pulau, Polda DIY Temukan Ladang Ganja 7 Hektare di Aceh Ilutrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Polda DIY mengungkap jaringan peredaran ganja lintas pulau, yakni Aceh-Medan-Jogja.

Dari pengungkapan ini, polisi juga menemukan ladang ganja di wilayah Agusen, Blangkejeren, Gayo Lues, Aceh seluas tujuh hektare.

Pengungkapan ini berawal dari laporan warga di daerah Maguwoharjo, karena di wilayah ini kerap terjadi tindak pidana narkotika.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Berdasarkan informasi tersebut, transaksi barang terlarang itu dilakukan secara online. Kemudian polisi melakukan pengamatan pada terduga tersangka.

Direktur Resnarkoba Polda DIY, Kombes Pol Bayu Adhi Joyokusumo menjelaskan pada 18 Juli 2022 sekitar pukul 1.30 WIB, polisi menangkap seorang tersangka berinisial HP di Ngemplak.

Dari tangan HP, polisi menyita barang bukti ganja seberat 224,43 gram. Saat ditangkap, HP mengaku memesan ganja secara online melalui media sosial dan dikirim melalui ekspedisi.

"Jadi dia pesan ke media sosial, barang dikirim untuk kemudian dia mengedarkan lagi dengan sasaran pelajar dan mahasiswa di wilayah Jogja melalui media sosial juga," ucapnya dalam konferensi pers, Senin (22/8/2022).

Penyelidikan selanjutnya dilakukan bekerja sama dengan jasa ekspedisi. Paket tersebut ternyata dikirim dari wilayah Medan, Sumatera Utara.

Bermodal informasi itu, pada 5 Agustus 2022, tim Polda DIY melakukan penyelidikan hingga ke Medan.

Advertisement

Pada 8 Agustus 2022, sekitar jam 13.30 WIB dari hasil penyelidikan, tersangka inisial ES berhasil ditangkap beserta barang bukti ganja seberat 150,54 gram. Tersangka mengaku jika ganja tersebut diperoleh dari suruhan seseorang yang berinisial AA.

Selanjutnya tersangka berinisial AA ditangkap pada 8 Agustus 2022 sekitar pukul 13.45 WIB di Medan Petisah, Kota Medan. Tersangka AA menyebut ganja yang dikirim diperoleh dari seseorang berinisial US.

"Tersangka US ditangkap pada 8 Agustus 2022 sekitar jam 20.30 WIB di Medan Petisah, Kota Medan kemudian ditemukan barang bukti ganja sebanyak 610,54 gram," jelasnya.

Advertisement

Kemudian berdasarkan keterangan US, ganja diperoleh langsung dari ladang ganja di wilayah Agusen, Blangkejeren, Gayo Lues, Aceh. Setelah berkoordinasi dengan Polres setempat akhirnya tim memutuskan berangkat ke ladang.

"Setelah menempuh perjalanan kurang lebih delapan jam, sampailah tim di ladang seluas kurang lebih tujuh hektare. Tim melakukan pemusnahan dengan cara dibakar di lokasi, tanaman dan gubuk yang digunakan petani. Baru kembali ke Medan, membawa tersangka ke Jogja," paparnya.

Dari tujuh hektare ladang ganja ini polisi memusnahkan sekitar 70.000 batang tanaman ganja setinggi 1,5 - 2 meter, dengan berat tanaman ganja tersebut sekitar 7 ton. Barang bukti yang diamankan dari jaringan ganja lintas pulau ini menjadi yang terbesar dalam 15 tahun terakhir.

"Kami bukan bicara harga jual, dengan asumsi tujuh ton itu asumsi satu orang gunakan satu gram berarti sudah bisa kurang lebih tujuh juta anak bangsa diselamatkan dari penyalahgunaan ganja," tuturnya.

Advertisement

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto mengatakan ganja, narkoba dan lainnya menjadi musuh bersama Polda DIY.

Menurutnya Polda DIY berkomitmen melakukan pemberantasan pada narkoba baik pemakaian dan peredaran. Yuli menyampaikan banyak orang tua yang mempercayakan Jogja sebagai tempat anaknya sekolah atau kuliah.

"Kami komitmen memberikan perlindungan pada anak-anak yang sekolah di Jogja dari gangguan narkoba. Mereka [pengedar narkoba] adalah ancaman. Saat ini kuliah sudah mulai offline, anak-anak sudah mulai masuk sekolah. Kami akan melindungi anak-anak dari gangguan narkoba dengan menindak pelaku," ucap dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei CSIS Buktikan Golkar Terpopuler di Mata Pemilih Muda

News
| Senin, 26 September 2022, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement