Advertisement

Perbaikan Jalan Tambakromo-Semin Gunungkidul Telan Anggaran Rp9 Miliar

David Kurniawan
Senin, 22 Agustus 2022 - 14:07 WIB
Arief Junianto
Perbaikan Jalan Tambakromo-Semin Gunungkidul Telan Anggaran Rp9 Miliar Ilustrasi perbaikan jalan. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Perbaikan Jalan Tambakromo-Semin sepanjang 4,7 kilometer mulai dikerjakan. Total anggaran yang disiapka oleh Pemkab Gunungkidul untuk memperbaiki jalan tersebut adalah mencapai Rp9 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana mengatakan jalan rusak di wilayah perbatasan antara Tambakromo, Kapanewon Panjong dengan Karangsari, Kapanewon Semin merupakan salah satu prioritas untuk diperbaiki.

Advertisement

Adapun prosesnya sudah dilaksankaan sejak beberapa tahun lalu, namun hingga sekarang masih berlangsung. “Tahun ini selesai alias seluruh jalur yang rusak sudah diperbaiki,” kata Wadiyana, Senin (22/8/2022).

Menurut dia, jalur yang rusak hampir sepanjang 4,7 kilometer. Untuk perbaikan sudah mengalokasikan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Total anggaran perbaikan mencapai Rp9.024.202.000. “Sudah mulai dikerjakan dan prosesnya selama 120 hari,” katanya.

Wadiyana menjelaskan, proses perbaikan dilakukan dengan cara pengerasan yang dilanjutkan dengan pengaspalan. Selain itu, juga ada program pemasangan drainase agar jalan tidak mudah rusak karena air bisa langsung terbuang ke saluran yang dibuat. “Mudah-mudahan lancar dan selesai tepat waktu,” katanya.

Dia menambahkan, perbaikan jalan yang dilaksankaan merupakan kegiatan rutin. Diharapkan dengan program ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi karena akses yang dimiliki relatif lebih lancar. “Apalagi jalur ini juga berbatasan dengan wilayah Wonogiri,” katanya.

Menurut Wadiyana, kondisi jalan kabupaten di Gunungkidul belum sepenuhnya bagus. Hal ini dikarenakan masih banyak jalan yang rusak. Dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki, maka perbaikan dilakukan secara bertahap. “Tahun ini selain ruas Tambakromo-Semin, juga ada perbaikan di kawasan industri Semin,” katanya.

Salah seorang warga Dusun Klepu, Tambakromo, Padmo mengaku senang dengan perbaikan jalan yang menghubungkan dengan daerah di Kapanewon Semin. Menurut dia, pelaksanaan sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. “Alat berat juga diterjunkan untuk perbaikan. Selain itu, juga ada pembuatan saluran air,” katanya.

Padmo berharap perbaikan ini memberikan dampak yang baik terhadap ekonomi masyarakat. Pasalnya, aktivitas akan lebih lancar karena tidak ada lagi jalan yang rusak antara Tambakromo dengan Semin. “Kalau sudah jadi, maka akses lebih cepat dan yang terpenting risiko kecelakaan akibat jalan rusak bisa dikurangi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement