Advertisement

Ada Workshop Wayang Suket di Pameran Satu Dasawarsa UUK DIY

Yosef Leon
Rabu, 24 Agustus 2022 - 07:27 WIB
Bhekti Suryani
Ada Workshop Wayang Suket di Pameran Satu Dasawarsa UUK DIY Peserta mengikuti workshop wayang suket yang diselenggarakan oleh Pemda DIY dalam peringatan satu dasawarsa UUK DIY di eks Hotel Mutiara 1-Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Pemda DIY menghadirkan workshop wayang suket dalam pameran peringatan satu dasawarsa Undang-undang Keistimewaan (UUK) DIY yang diselenggarakan selama sebulan penuh. Workshop itu akan dilakukan setiap Kamis pukul 15.00 WIB-17.00 WIB di eks Hotel Mutiara 1 sampai 10 September mendatang. 

Fasilitator workshop wayang suket, Anto Sukanto menjelaskan, kehadiran kegiatan itu dalam pameran UUK DIY merupakan bentuk pelestarian sekaligus pengenalan permainan tradisional kepada masyarakat luas. Wayang suket umumnya banyak dijumpai di wilayah pedesaan Jawa maupun Jogja yang materialnya terbuat dari suket atau rumput. 

"Kita ingin nostalgia saja agar masyarakat perkotaan yang sudah jauh bisa mengenal permainan tradisional," ungkap Anto, Selasa (23/8/2022). 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Anto menjelaskan, workshop itu diselenggarakan gratis dan peserta akan diajarkan seputar teknik dasar dalam pembuatan wayang suket. Material yang dipilih yakni berupa mendong. Peserta akan diajak untuk mengeksplorasi tokoh dan karakter perwayangan dan menuangkannya dari bahan yang disediakan. 

"Tidak harus sama persis seperti wayang kulit atau high art tapi kan lebih kepada imajinasi peserta yang bermain nanti lewat wayang suket kreasinya," jelas Anto. 

Dia menjelaskan, umumnya pembuatan wayang suket hampir sama seperti kegiatan menganyam pada umumnya. Mendong yang digunakan nantinya akan digabungkan serta dianyam untuk menyerupai tokoh dan karakter perwayangan. "Kita lebih memilih material yang aman, kalau jerami kan ada yang sensitif atau pelepah batang singkong ada getah, kita gunakan mendong yang standar saja," ujarnya. 

Nantinya, workshop wayang suket akan hadir pada 25 Agustus, 1 September dan 8 September di eks Hotel Mutiara 1. Panitia membatasi workshop dengan 10 orang peserta dalam setiap pertemuan. Peserta yang berminat dapat mendaftarkan diri pada kontak person Ruru (085600061308) dan Ely (089508521471). (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement