Advertisement

Lagi Mahal Neh...Ini Update Rata-Rata Harga Telur di Sleman

Anisatul Umah
Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Lagi Mahal Neh...Ini Update Rata-Rata Harga Telur di Sleman Ilustrasi telur ayam. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Harga komoditas telur naik di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Sleman. Berdasarkan data dari Info Pangan Sleman hingga jam 16.55 WIB harga telur tembus di harga Rp30.125 per kg.

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sleman, Budiharjo mengatakan berdasarkan koordinasi yang dilakukan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman rata-rata harga telur di pasaran Rp29.000 - Rp32.000 per kg.

Advertisement

Diperkirakan kenaikan harga telur ini dampak dari pencairan program keluarga harapan (PKH) serta kenaikan pakan ternak. Akan tetapi mana yang paling besar pengaruhnya masih belum bisa dipastikan.

"Baru bisa terlihat setelah pencairan PKH berlalu. Jika PKH berlalu dan harga mulai turun artinya kenaikan karena PKH, namun jika tetap stabil tinggi, bisa dikarenakan kenaikan harga pakan ternak," ungkapnya kepada Harianjogja.com, Rabu (24/8/2022).

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berencana akan melakukan penjajakan di lapangan. Mulai dari harga telur di peternak, pedagang, hingga rata-rata permintaan.

BACA JUGA: Perwira Peraih Adhi Makayasa Diperiksa dan Dicopot Gara-Gara Kasus Sambo

"Akan dikaji lebih lanjut sebenarnya kenaikan harga telur karena permintaan memang meningkat, atau memang ada kenaikan harga di peternak atau pedagang dengan adanya momen PKH," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Perdagangan Disperindag Sleman Nia Astuti mengatakan kenaikan harga telur ini dibarengi dengan pencairan PKH. Kondisi ini mendorong permintaan pada komoditas telur.

Nia menyebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) idealnya harga telur ada di Rp25.000 per kg. "Karena barengan dengan turunnya PKH, sehingga demand naik," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement