Advertisement

Terkoneksi dengan Exit Toll Jogja Solo di Bokoharjo, Proyek Jalur Tawang-Ngalang Terus Dikebut

Sunartono
Jum'at, 26 Agustus 2022 - 07:37 WIB
Arief Junianto
Terkoneksi dengan Exit Toll Jogja Solo di Bokoharjo, Proyek Jalur Tawang-Ngalang Terus Dikebut Suasana objek wisata Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul atau biasa disebut dengan 4G di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Minggu (31/12/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemda DIY terus mengebut pembukaan jalan baru di Dusun Tawang, Desa Ngoro-oro, Patuk menuju Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul. Jalan ini akan tersambung dengan jalur Prambanan-Gayamharjo yang berada di wilayah Sleman dan terkoneksi langsung dengan exit toll Tol Jogja Solo di Bokoharjo. 

Kabid Bina Marga Dinas PUP-ESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri menjelaskan untuk jalur Prambanan-Gayamharjo saat ini baru berproses untuk pengadaan lahan yang dilakukan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Sleman.

BACA JUGA: Sultan Perketat Izin Membangun di Kawasan Sumbu Filosofi, Harus Libatkan Persetujuan Asosiasi Warga

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Jalur ini desain awalnya dengan panjang 9,4 kilometer. Adapun pengerjaan fisiknya akan dilakukan oleh Kementerian PUPR karena akan terkoneksi langsung dengan Exit Tol Bokoharjo, Prambanan, Sleman. 

“Jalur tersebut nantinya akan terkoneksi exit tol Bokoharjo, pengadaan lahan dilakukan Sleman dan pengerjaan fisik dilakukan pemerintah pusat,” katanya, Kamis (25/8/2022). 

Sejalan dengan penyaiapan jalur Prambanan-Gayamharjo, lanjutnya, Pemda DIY sedang mengebut pengerjaan sambungan jalur ini dengan membuka jalan baru tepatnya di Tawang-Ngalang yang akan terkoneksi ke Gading, Playen, Gunungkidul.

Proyek pembangunan jalan Tawang-Ngalang dibagi menjadi lima segmen. Pada 2021 telah dibangun konstruksi pada Segmen I dengan panjang 1,9 kilometer dan Segmen V sepanjang 1,4 kilometer. Sedangkan untuk tahun anggaran 2022 ini dibangun konstruksi untuk segmen IV dengan panjang jalan sekitar 3,4 kilometer dengan disiapkan anggaran sebesar Rp81 miliar menggunakan APBD DIY. 

“Untuk Tawang-Ngalang segmen IV ini alhamdulillah progesnya cukup bagus, artinya ada deviasi positif, dari realisasi fisik terhadap rencana,” katanya.  

BACA JUGA: Begini Tahapan dan Jadwal Pembangunan Tol Solo-Jogja-YIA

Advertisement

Dia mengatakan pada pengerjaan segmen IV, pembukaan jalan baru melewati permukiman penduduk, pekarangan warga, sawah hingga sungai. Sehingga pada segmen ini dibangun jembatan dengan panjang sekitar 80 meter dengan dua bentang yang akan membelah Sungai Ngalang, Gedangsari. 

“Untuk segmen IV, memang masih ada beberapa tanjakan dan turunan, namun masih dalam batas toleransi, karena tidak lebih dari 10 persen. Termasuk untuk pembangunan jembatannya yang berada di segmen 4 ini akan selesai pada akhir tahun ini,” ujarnya. 

Adapun yang masih tersisa di segmen II dengan panjang 1,8 kilometer dan segmen III panjang 1,1 kilometer telah masuk dalam perencanaan pembangunan di 2023 mendatang. 

Advertisement

Dia mengatakan jika jalur Prambanan-Gayamharjo-Tawang-Ngalang tersambung hingga Gading maka akan menjadi jalur alternatif menuju Gunungkidul selain melewati kawasan Piyungan-Patuk.

Hal ini akan mampu mengurangi waktu tempuh dari Kota Jogja menuju Wonosari. Selain itu membuka akses antara Sleman dengan Gunungkidul menjadi lebih cepat dan terbuka karena jalan yang dibangun merupakan baru sama sekali. 

“Selain itu dapat mendukung pertumbuhan dan membangkitkan perekonomian warga sekitar yang dilalui jalur ini. Tentu ke depan akan tumbuh sentra-sentra ekonomi dan pariwisata,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banyak Warga Kabur Setelah Seruan Mobilisasi ke Ukraina, Rusia Tak Akan Tutup Perbatasan untuk Cegah Eksodus

News
| Selasa, 27 September 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement