Advertisement

Luar Biasa! Jalur Khusus Sepeda Tol Jogja-Solo Seksi 1 Telan Dana Rp200 Miliar

Abdul Hamied Razak
Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa! Jalur Khusus Sepeda Tol Jogja-Solo Seksi 1 Telan Dana Rp200 Miliar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Desain jalur khusus sepeda untuk seksi 1 jalan tol Jogja-Solo masih terus disempurnakan. Seksi 1 ruas Kartosuro-Purwomartani ini memiliki panjang jalan 42,38 km. Estimasi biaya untuk pembangunan jalur khusus sepeda ini diperkirakan mencapai Rp200 miliar.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM, Muhammad Amin mengatakan desain jalur khusus sepeda yang akan membentang sepanjang jalan tol Jogja-Solo seksi 1 terus disempurnakan.

Desain tersebut dibuat untuk memenuhi usulan Pemkab Klaten yang menginginkan adanya jalur khusus sepeda di jalan tersebut. Salah satu tujuannya untuk mengangkat potensi wisata dan perekonomian masyarakat.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Desainnya masih kasar, masih disempurnakan. Setelah desain selesai baru akan diajukan ke Pusat. Secara lisan Pusat tidak mempersoalkan rencana penambahan jalur khusus sepeda ini," katanya, Minggu (28/8/2022).

BACA JUGA: Sri Mulyani Sebut Subsidi BBM hingga Listrik Bisa Bangun 3.333 Rumah Sakit

Untuk estimasi dana yang dibutuhkan jika jalur khusus sepeda ini disetujui, Amin menyebut estimasi dananya sekitar Rp200 miliar. Jalan tersebut akan dibangun dari Kartosuro hingga Purwomartani. Bahkan jika memungkinkan akan dilanjutkan hingga Maguwoharjo.

"Ya setidaknya jalur sepeda ini dibuat sampai Purwomartani atau Maguwoharjo. Kalau nanti desainnya ada yang keberatan kami revisi, kalau tidak ya kami lanjutkan [pembangunannya]," ujar Amin.

Amin menjelaskan, jalur khusus sepeda tersebut hanya dibangun di sisi kanan jalan arah ke Jogja dengan lebar antara 3-5 meter dan bisa dilalui dari dua arah baik dari Jogja maupun Solo. Meski begitu, lanjutnya, tidak dibutuhkan penambahan lahan untuk jalur khusus sepeda ini. "Jadi jalurnya menempel di ROW lahan yang sudah dibebaskan. Setiap 5 km nanti ada rest area khusus jalur sepeda ini," jelasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement