Advertisement

Sekda Astungkara Pensiun mulai Besok, Ini yang ia Pesankan pada ASN Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Kamis, 01 September 2022 - 07:37 WIB
Arief Junianto
Sekda Astungkara Pensiun mulai Besok, Ini yang ia Pesankan pada ASN Kulonprogo Suasana upacara purnatugas Sekda Kulonprogo, Astungkara yang digelar di di Aula Adikarta Kompleks Pemkab Kulonprogo,Rabu (31/8/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogjacom, KULONPROGO — Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo bakal ditinggalkan Astungkara yang pensiun pada 1 September 2022.

Dalam upacara purna tugasnya, Astungkara sempat menyampaikan sejumlah pesan dan kesannya, termasuk mengutip lirik lagu Sampai Jumpa milik Endank Soekamti.

Setelah 30 tahun lebih bertugas, Astungkara resmi purnatugas. Di jabatan Sekda Kulonprogo, Astungkara telah menjabat kurang lebih sembilan tahun.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dalam upacara purnatugas yang digelar di Aula Adikarta kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (31/8/2022), Astungkara menyampaikan sejumlah pesan kepada OPD.

BACA JUGA: Perda Retribusi Tenaga Kerja Asing, Bisa Jadi Fungsi Pendataan dan Pengendalian

Di antaranya dia mengingatkan OPD untuk bekerja dengan ikhlas, dibingkai dengan kesabaran dan dilimpahi kebaikan. "Mulutmu tanganmu adalah harimaumu, itu harus ibu bapak pahami betul," ucap dia, Rabu (31/8/2022).

"Karena setiap ucapan, tangan yang memegang ponsel, tuts ponsel, itu akan menjadi bencana bagi diri kita jika kita tidak hati-hati," ucap dia.

Astungkara juga mengingatkan rekan-rekannya yang masih bertugas untuk bekerja sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab. "Tentunya kewenangan dan tanggung jawab itu adalah yang disematkan di pundak bapak ibu sekalian," ujarnya.

"Jangan melebihi kewenangan dan tanggung jawab yang bukan jadi kewenangannya," tambahnya.

Advertisement

Di akhir pidatonya, Astungkara sempat mengutip lirik lagu Sampai Jumpa milik Endank Soekamti. "Datang akan pergi, lewat akan berlalu, ada kan tiada, bertemu akan berpisah," tuturnya.

"Saya langsung pada reff-nya. Hei, sampai jumpa di lain hari, untuk kita bertemu lagi, ku relakan dirimu pergi. Meskipun ku tak siap untuk merindu, ku tak siap tanpa dirimu, ku harap terbaik untukmu," tambahnya.

Selepas mengutip lirik tersebut, Astungkara berseloroh bila yang membuat penutup pidato tersebut adalah istrinya. "Kalau terakhir ini yang membuatkan istri saya," ucap dia.

Advertisement

Pj. Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana dalam video yang diputar di upacara purnatugas tersebut menyampaikan terima kasihnya atas pengabdian dan karya Astungkara selama mengabdi selaku Sekda Kulonprogo. Menurutnya banyak hal yang diwariskan Astungkara bagi jajaran OPD birokrasi di Kabupaten Kulonprogo.

"Kedisiplinan, kerja keras, patuh pada aturan yang perlu terus kita ingat-ingat. Agar supaya jajaran Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mampu melaksanakan tugas tugas di masa mendatang," kata dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasil Investigasi: Ini Kesalahan Fatal Panpel Arema FC dalam Tragedi Kanjuruhan

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement