Advertisement

Upah Tetap tapi Harga BBM Naik, Buruh di DIY Sampaikan Aspirasi kepada DPRD DIY

Triyo Handoko
Rabu, 07 September 2022 - 16:42 WIB
Budi Cahyana
Upah Tetap tapi Harga BBM Naik, Buruh di DIY Sampaikan Aspirasi kepada DPRD DIY Massa aksi buruh di DIY yang menolak kenaikan harga BBM berada di halaman Gedung DPRD DIY, Rabu (7/9/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABuruh-buruh di DIY yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) DIY menyampaikan aspirasi penolakan kenaikan harga BBM kepada DPRD DIY, Rabu (7/8/2022).

Koordinator MPBI DIY Irsyad Ade Irawan menyebut kenaikan harga BBM membuat buruh tercekik. “Kenaikan harga BBM akan menaikkan inflasi, padahal upah kami masih tetap sehingga terjadi daya beli kami menurun,” jelasnya, Rabu siang.

Bantuan sosial (bansos) yang dijanjikan pemerintah untuk menanggulangi kenaikan harga BBM, jelas Irsad, bukan solusi mengatasi masalah yang ada. “Yang dapat bansos juga yang terdaftar saja padahal yang belum terdaftar belum tentu mampu,” ujarnya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Irsad juga sanksi seluruh buruh di DIY terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan. “Pasti ada yang tidak terdaftar BPJS dan itu jumlahnya tidak sedikit, lantas mereka bagaimana nasibnya? Kami minta solusi membatalkan kenaikan harga BBM,” tegasnya.

Sekretaris DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jogja Deenta Jullian juga menegaskan hal serupa. “Kami ke sini menagih langkah konkret para wakil rakyat untuk memfasilitasi keluh kesah para buruh atas kenaikan harga BBM ini,” katanya, Rabu.

BACA JUGA: Bansos BBM untuk Warga Jogja Akan Disalurkan Lewat Aplikasi

Julian juga meminta ada perbaikan kesejahteraan buruh di DIY. “UMK di DIY rendah sekali, ditambah kenaikan BBM, tidak naik harga BBM saja kami sudah kesusahan apalagi naik, jadi kami minta ada kenaikan standar upah juga,” jelasnya.

Massa sebelumnya berjalan kaki dari Tugu Pal Putih hingga Kantor DPRD DIY. Sesampainya di DPRD DIY mereka langsung menyampaikan aspirasin ke perwakilan DPRD DIY.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Mau Bentuk Badan Usaha Milik Otorita IKN, Apa Kegunaannya?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement